NgélMu – aNgél sadurungé keteMu

Singkong dan Kelapa Sawit Sebagai Energi Alternatif

Posted by EG Giwangkara S pada Sabtu, 29 Juli 2006

Singkong / Ubi Kayu (Cassava)Menteri Negara Riset dan Teknologi Kusmayanto Kadiman (2005)menegaskan, kemajuan teknologi kini mampu mengubah singkong dan kelapa sawit menjadi energi alternatif dalam mengatasi krisis bahan bakar minyak (BBM).
   
“Singkong dapat diolah menjadi bioetanol dan kelapa sawit menjadi biodiesel yang bisa dimanfaatkan dengan mencampur sepuluh persen dari keempat jenis BBM,” kata Kusmayanto Kadiman kepada wartawan di Sanur, Bali, Rabu (13/7/2005).

Sebelum membuka Pertemuan Forum Kelautan Indonesia (The Indonesia Ocean Forum 2005 and the 13th PAMS/JECSS Workshop), ia mengemukakan, pencampuran 10 persen BBM dengan bioetanol dan biodiesel sangat dimungkinkan, sesuai ketentuan yang ditetapkan internasional.


   
“Jika 10 persen bahan pencampuran BBM itu dapat diproduksi Indonesia, akan sangat membantu dalam menghemat penggunaan BBM,” ungkapnya.
   
Indonesia dalam penyusunan APBN 2005 mengalokasikan dana untuk subsidi BBM sebesar Rp 90 triliun, dengan perhitungan harga minyak di pasaran dunia 35 dollar AS per-barel.
   
Namun, kondisi sekarang harga minyak di pasaran dunia mencapai 60 dollar AS per-barel, sehingga akan sangat mempengaruhi subsidi keuangan negara.
   
Oleh sebab itu, beberapa alternatif untuk menghemat penggunaan BBM telah ditawarkan, termasuk diantaranya teknologi pengolahan singkong dan kelapa sawit.
   
Menristek menilai, penerapan teknologi pengolahan hasil perkebunan harus didukung oleh kebijakan pemerintah, agar kalangan swasta dan investor tertarik menerapkan teknologi tersebut.
   
Penerapan teknologi pengolahan singkong dan kelapa sawit sebagai bahan pencampur BBM tidak mungkin dilakukan oleh pemerintah, ujarnya, yang mengaku telah membicarakan kemungkinan menerapkan teknologi tersebut dalam rapat kabinet.
   
Teknologi pengolahan singkong menjadi bioetanol sebenarnya sudah diterapkan di Lampung, namun kapasitasnya masih sangat terbatas. “Produk bioetanol sebagai bahan pencampur BBM telah saya terapkan pada mobil dinas dan 30 bus karyawan, tidak ada masalah,” ujar Menristek.
   
Jika kedua jenis bahan pencampur BBM itu dapat diproduksi, akan mampu menghemat sedikitnya Rp 9 triliun subsidi BBM dalam setahun, demikian Kusmayanto. (Ant/wsn)

Sumber : KCM

About these ads

64 Tanggapan to “Singkong dan Kelapa Sawit Sebagai Energi Alternatif”

  1. danukusuma berkata

    He he he…..ada menteri yang bego, dia kaga tau kalo singkong sama minyak kelapa dari dulu udah dibikin untuk jadi energy alternatip pengganti minyak bumi bahkan sejak jaman dulu sekitar abad 18 waktu ditemukan mesin diesel, minyak dari kacang udah dipake untuk bahan bakar motor. Begitu ko mau jadi menteri…..
    o ya ada lagi anak Indonesia…… saya lupa namanya mencampur air pake minyak tanah untuk memutar mesin lho…….

  2. luna lovegood berkata

    WAAAAH MAS. APAAN TUH?JGN BKN GENERASI MUDA JD BINGUNG DONK PAK MENTERI!HEHEHE

  3. Bhima berkata

    Ada yang bisa bantu saya untuk info,
    1.dimana pengolahan/Kilang biofuel dr singkong ( untuk daerah Jawabarat) ?
    2.Apakah sudah ada koperasi petani singkong di Jawabarat sebagai pensuplai bahan baku ?
    3. Singkong yang dipakai, jenis nya ?
    trimakasih

  4. EG Giwangkara S berkata

    1. Danukusuma:

    Sa’jané mBah Rudolf Diesel pada tahun 1893 menciptakan mesin diesel memang untuk vegetable oil, kok… jadi saat itu “bio-diesel” memang bukan bahan bakar alternatif, tapi bahan bakar utama. Tapi karena percepatan produksi “bio-diesel” tidak dapat mengikuti kebutuhan bahan bakar saat itu, dan juga karena mulai ditemukannya teknologi pengolahan diesel dari minyak bumi, maka bio-diesel saat ini mulai ditinggalkan.

    Kesininya, ketika merebak isu menipisnya cadangan minyak dunia dan harga minyak bumi yang sempat melangit kemarin orang-orang kembali melirik bio-diesel yang dulu pernah ditinggalkan..

  5. EG Giwangkara S berkata

    2. luna lovegood :
    :)

  6. EG Giwangkara S berkata

    3. Bhima :

    Wah… mantaf bapak satu ini, insting bisnisnya langsung bekerja… :))
    Nampaknya modalnya sudah kuat neh.. :))

  7. toro berkata

    li gawe bio etanol soko singkong pie yo cak?

  8. EG Giwangkara S berkata

    yo difermentasi, cak… :)

  9. Puji Utomo D3 otomotif berkata

    kenapa ente-ente enggak dari dulu ngomongnya,kalo pengen nyala’in mesin mesti pake singkokng atau biji sawit ama kulitnya..kan isi bumi gak bakalan kopong ampe sering gempa gara-gara di sedot terus isinya ampe sekarang..gimananya kau??

  10. Puji Utomo D3 otomotif berkata

    buat ortu ku “pak, bu sabar yah? bentar lagi puji lulus kok” amin..

  11. Cah Kl@_10 berkata

    Aslm WW.
    Gmn Kabare cah2 kla_10 seng pinter2. kudo’akan sht2 ja.
    Ni punya temuan. Didaerahq ad tanaman yang punya kandungan serperti minyak pelumas gitu dech!!! namanya pohon “waru”. sebenarnya dah lama mo tak jdiin bhan bakar alternatif, tinggal diproses dengan penyulingan. tho hasilny keluar minyak yang kita perlukan. but blm tak uji coba, pa minyak yang dihasilkan dr pohon ini bisa dinylain, spt minyak bumi yang lain or tdk?
    Mkasih Dah baca,…
    Slm kangen to Cah2 Kl@_10
    Wslm WW

  12. dhelia berkata

    gmn cara pengolahan nya biar bisa digunakan sebagai bahan bakar?? sapa tau dengan diberihahu dapat digunakan untuk mengajari generasi muda bagaimana cara mengolah singkong biar bisa dimanfaatkanm seperti itu??

  13. jemmykosasih berkata

    dapetin 1 liter bioetanol dari singkong, perlu singkong berapa kg? (hitungan kotor sama kulitnya).

  14. johan berkata

    bagus.. teruskan pengembangan energi alternatif dan jangan lupa saya juga dikasih jurnalnya

  15. M Sastro berkata

    Hallo Mas Givangkara. Salam kenal dari saya. Punya artike in tentang pengolahan biodiesel dari singkong dan jarak pgar? Terima kash.

  16. khuzaenudin berkata

    menurut ramalan ku bumi untuk tahun yang akan datang makin makmur. tunggu aja.tanggal mainnyaa.kwalem temen2yang miskin miskin bakal pada kaya raya,terus pada lupa diri trus baru deh terjadi bencana besar besar an.kayak jaman dulu gitu ancwuur.tapi kali ini ancwur seancur ancwurnya.

  17. erni berkata

    kalo biofuel dari kapuk randu itu cara pengolahannya gimana?
    lebih baik dari singkong atau kapuk randu?
    ditanggapi y!!!!

  18. sarmel &karten berkata

    kalo limbah sawit bisa dimanfaatkan untuk bahan bakar Pembangkit Listrik ga?

  19. panggiring berkata

    limbah kelapa sawit?
    harusnya bisalah :)

  20. Alex berkata

    kalau kita mau jadi negara yang tidak tergantung pada minyak bumi,ya…jadikan singkong buat njalanin mobil…singkong di Indonesia tidak akan pernah habis…

  21. iput berkata

    wah saya juga seneng klo bangsa indonesia pada pinter2 semua.tapi tolong dong jangan langsung di bisniskan klo dah begini..mosok langsung prifit oriented.mosok otak bisnisnya langsung jalan

  22. Budi berkata

    danukusuma Berkata:
    Selasa, Maret 6 2007 pada 7:20 am
    He he he…..ada menteri yang bego, dia kaga tau kalo singkong sama minyak kelapa dari dulu udah dibikin untuk jadi energy alternatip pengganti minyak bumi bahkan sejak jaman dulu sekitar abad 18 waktu ditemukan mesin diesel, minyak dari kacang udah dipake untuk bahan bakar motor. Begitu ko mau jadi menteri…..
    o ya ada lagi anak Indonesia…… saya lupa namanya mencampur air pake minyak tanah untuk memutar mesin lho…….

    Comment:
    Begini nih orang Indonesia, banyak ngomongnya aja, padahal belom tentu ngerti dan bisa membuat. Emang komentar paling gampang. Mari kita bersama membangung rasa cinta pada negeri kita, dan yang tidak kalah pentingnya adalah rasa saling menghargai antar sesama. Sejelek apapun karya atau sumbangsihnya, yang penting adalah usahanya.

  23. karaiaceh berkata

    wah kalo makin banyak pebisnis yang mo buka kebun sawit mending di saranin untuk ke lokasi ilegal logging aja tuh, biar sekalian tuh nutupin areal hutan yang dah gundul, manfaat laennya kan bisa membantu mengurangi pemanasan global, hehehe…

  24. Ersanu berkata

    wwohh heebat donk, boleh juga tuh
    kapan pemerintah bisa bantu rakyat dengan memberi alternatif BBM pake singkong dan minyak kelapa sawit itu….
    saya optimis karena setahu saya makan singkong banyak2 aja bisa bikin orang mual dan maunya kentut melulu (baunya yg aneh nggak usah dipikirin dulu yaa) berarti ada gas amoniak nya yaa..?
    gas adalah jenis BBM yang termasuk langka dan berguna untuk kita-kita khususnya ibu-ibu di dapur dan bapak bapak yang ngurus otomotifnya…hehehe…

  25. dhanang berkata

    soal bb nabati emg masih bingung. Lahan tak tergarap di negara ini masih banyak sebenernya.. btw saya mohon izin post ini saya sertakan di liga blog tentang bbm alternatif. di situ dibahas bareng posting mengenai alternatif bb ini.

    makasih :D

  26. tacia berkata

    saya ingin tahu tentang pembuatan energi alternatif yang buatnya dari kotoran manusia alias e – ek hehehe
    ada yang bisa bantu kasi infonya kah?
    saya tinggal di asrama yang manusianya buanyak sekali di papua sini.
    otomatis sepitenk cepat sekali penuh, so siapa tau limbah manusia ini bisa jadi sesuatu yang berguna :p
    thanks

  27. robin berkata

    buat pak menteri jangan hanya membuat wacana doank ….
    tolong realisasinya karena yang akan lebih di dengar oleh pejabat2 yang berkempentingan hanya orang2 gedean,so manfaatkan kesempatan ini buat membantu RAKYAT

  28. darnu berkata

    o iya ni sekedar info ya yang di papua untuk mengolah taek jadi biogas ya.tu tandon taenya kudu rapat biar gasnya ndak kemana2 kalau udah rapat tu adah taek tinggal tutupatasnya juga harus rapat tapi dikasih pipa ditutup tadi n kran untuk saluran gasnya.nah si gas yang keluar itu udah bisa dinyalain.tp perlu diingat juga untuk taek yang udah lama n ndak keluar gas harus dibuang trus diisi taek baru yang dicampur air.hehe udah ya langsung coba aja

  29. bejo berkata

    bos… carane yo opo? kulo iki wng bodho….. tolong lak isok, mas2 iki iso ngandani carane… suwun sadurunge.. wsalam.

  30. Si Lugu berkata

    Mm… negara ini penuh dengan sistem yang kacau sebenarnya aturan dah jelas tapi mental2nya gak tahu kenapa…. bahan bakar sebenarnya orang indo sendiri banyak yang paham tapi kenapa g terealisasi aneh kan…. spt di daerah cilacap mustinya pembangkit cukup dgn kincir angin kenapa g ada…. malah ini di bangun PLTU pake batu bara nah… pemborosan lagi kan… negara kita dah sangat kaya tanpa hasil bumi kenapa di keruk terus….andai kata 1 pengusaha mendirikan kincir angin saya rasa tidak susah kasihan orang2 di daerah msh banyak yang blum menerima listrik. apakah PLN sengaja mau ngeruk duit rakyat lagi dgn monopoli… ?… padahal instalasi tiap bangunan juga g mahal2 tapi realisasi selalu di sunat sana sini… wah kasihan sekali bangsa ini. ya allah sadarkanlah pemimpin2 bangsa ini. jangan biarkan kita jadi negara importir sungguh kedoliman yang terjadi pada bangsa sendiri.
    adalagi 1 hal di yogya di lembaga penelitian itu terlalu banyak numpuk percobaan mahasiswa or lsm untuk membuat energi alternatif…kenapa !!!! kok g bisa…
    di belanda listrik penyiraman taman secara otomatis itu udah ada dan listrik itu ternyata dari biogas saptitank prosesnya langsung saya kurang paham tapi mereka itu dah lama sekali…..
    sering kali PEMDA melakukan tinjauan ke negara lain alias study banding kemana2 tapi hasilnya yang jelas mana 0 ….apakah mereka itu hanya tau jalan2 atau orang yang tidak mempunyai kreatifitas ya…….. wah salah dah kita mempercayakan kepemimpinan ini.

  31. Si Lugu berkata

    Ada tambahan kalau g salah madiun atau ngajuk itu dulu adalah kota kincir angin pada waktu itu masanya belanda di indonesia, dan sekarang menjadi kota angin.
    nah dulu saja sudah ada kenapa kok sekarang masih terbelang…..

  32. nepat berkata

    eh pak mentri klo mau cari singkong di rumah gw aja ada banyak ko.dasar mentri guoblok

  33. ihsan berkata

    masyarakat indonesia butuh aplikasinya di lapangan…… masyarakat gak butuh wacana doang….
    ABCD…. CAPEK DEH…

  34. peni berkata

    dananya mana pak menteri??????????????????????????????????????????????

  35. uwinarno berkata

    Semoga makin banyak energi alternatif yg bisa kita manfaatkan, supaya kedepan anak cucu kita tidak terlantar dunia belantara ini

  36. pelangi berkata

    Maaf sbelum & sesudahnya,klu membuat kalimat yg baik dong bahasanya. Kalian diskolah pastinya kan diajarkan tata bahasa yang sopan & santun,itupun kalau kalian merasa sekolah. Apa kata adik2 kita yang membaca kalimat2 dr kalian smua…..berilah contoh yg baik & benar.

  37. [...] Pemanfaatan Singkong Ditulis pada Nopember 30, 2008 oleh rifaisains Singkong dan Kelapa Sawit Sebagai Energi Alternatif [...]

  38. waoo. menarik juga seandainya banyak masyarakat kita yang beralih ke energi yang dapat diperbarui

  39. Veronika berkata

    Saat jaman krisis kayak gini, ternyata banyak hal yang bisa jadi alternatif..
    Ayo donk, yang laen juga pada kreatif!!

  40. prayogo berkata

    Saya udah memproduksi bioetenol berbahan dasar singkong.ada baiknya bos menerangkan kemana kami dapat memasarkan prodak kami.mengingat produksi kami masih sekala rumahan…….. sedangkan tentunya pertamina hanya menerima dari industri2 besar.

  41. David berkata

    Kalo mau hemat ya, 1 Liter etanol dicampur 8 Liter premium tuh lebih bagus dari 9 Liter pertamax plus

  42. David berkata

    jangan salahin pak menteri terus dong! kan kita juga yang borosin bbm

  43. alex berkata

    ada alternatif bioenergi lain selain kelapa sawit dan singkong.daerah saya di flores (indonesia timur)memiliki minuman khas asli turun temurun,namanya arak.saya pernah membuat riset pribadi dengan mencoba menggunakan arak dengan kadar alkohol 50% keatas sebagai bahan bakar pengganti minyak tanah.hasilnya,nasi dimasak-oke,sayur-oke,ikan pun oke.tapi,hasilnya belum 100% oke.saya butuh bantuan teman2 yaang berminat mengembangkan ini dan tentunya mempunyai keahlian di bidang ini.jika berminat,ini no hp saya:085253346658.oh ya,jika ada yang berminat membeli GAHARU,SINGKONG,ARAK,DAMAR DAN KOPRA,saya punya akses disini dan menjual.semuanya asli tanpa bahan kimia.salam dari indonesia tengah bagian timur!!

  44. faisal berkata

    itu dana apbd yg buat sepak bola diganti aja untuk dana pengembangan bioetanol & biodiesel
    dan untuk membuat bumn yang baru

  45. ali furnia berkata

    mana ulah anak2 negriku

  46. hal ini perlu di kembangkan agar semakin maksimal

  47. julsa berkata

    yo ngalah.. wes ket mbiyen pak mentri….

  48. julsa berkata

    2010 w mw buat mau menciptakan energi alternatif dari sampah plastik ah… yar bantar gebang gax bau…

  49. sovia berkata

    lah….singkong sama bensin kok mahalan bensin yak??
    nti gak da yak makan singkong dh

  50. Aabid berkata

    memproduksi bioetenol berbahan dasar singkong maupun yang lain itu bisa dilakukan dan dapat di kembang biyak kan untuk di indonesia dengan bahan baku yang muda di dapat bagaimana kita harus bersatu padu untuk memberikan motipasi buat kawan 2 yang sudah memproduksi bioetenol.saya siap membatu memasarkan jika di butuhkan untuk di daerah sumut

  51. jamal uddin berkata

    bagi temen-temen yang memerlukan bio diesel dari limbah sawit kami ada produksi 6 ton per hari… dan bagi yang punya info/ punya stock/ menjual cangkang sawit dalam jumlah tak terbatas kami siap membeli minimal satu tempat/lokasi 5500 ton trim “””””jams””””

  52. [...] Bahan Bakar dari Singkong Singkong dan Kelapa Sawit Sebagai Energi Alternatif [...]

  53. [...] SINGKONG DAPAT DIBUAT BAHAN BAKAR Filed under: Uncategorized — jewiell @ 8:21 am Singkong dan Kelapa Sawit Sebagai Energi Alternatif [...]

  54. Indah berkata

    gimana ya kalau membuatnya sendiri……
    bisa ngasih saya cara2 membuatnya ga? yang lengkap. :)
    tolong,mohon dijawab ke email saya .terimakasih
    *yu2_n46@yahoo.co.id

  55. hadi santoso berkata

    Tulisan admin dpt membantu memasyarakatkan mixed fuel yg ramah lingkungan dan penghematan BBM yg bersumber minyak bumi plus bbrp keuntungan lainnya. Saya sudah memakai mixed fuel ini sejak thn ’96 pada mobil honda Legend thn 1996(Built up Japan, V-6 2000 cc). Belum lama ini saya overhaull mesin kendaraan saya tersebut. Saya terkesima, ternyata ruang combustion dan valve begitu bersih, exhaust thru jg bersih. Untuk yg akan mencoba hrs hati2 dgn fuel pump yg dipakai pd mobil yg sdh memakai fuel injection system. Krn fuelpump posisinya terendam dlm fueltank. Campuran yg tll banyak etanol rawan korslet krn BBM sedikit bersifat elektrolit, sehingga spull pd fuelpump sedikit lebih tinggi saat bekerja. Smg bermanfaat.

  56. kanata berkata

    sy rasa diskusi ini lebih bermanfaat buat masyarakat jk to the point cara pengolahanx, misal energi dari singkong,dll gmn cara ngolahnya. Biar energi ini bs diproduksi masyarakat indonesia n tidak dibisniskan, krn bs menjadikan bahan mentah tersebut mahal dan otomatis bioetanol yg dihasilkan lebih mahal.

  57. teguh berkata

    coba deh lihat di http://www.gravitypower-generator.blogspot.com , bisa lihat alternatif lainnya yg tidak biasa kita lihat dan ketahui.

  58. cynthia berkata

    wah… thanks bgt… sangat sangat membantu utk tugas gue….. makasih yg tlh menuliskan artikel nie…. he he he….

  59. gita berkata

    buat yg nulis artikel nie,.,,, tulisin artikel energi alternatif yang berasal dari kotoran manusia dong…. mungkin ajj bermanfaat…. wk wk wk

  60. bomz2 berkata

    k” mw tnya klo mw cari paper tetang listrik dari singkong dimana yah

  61. fridah berkata

    ehmt ahhaaaaaaa.

  62. “Singkong dan Kelapa Sawit Sebagai Energi Alternatif
    NgélMu – aNgél sadurungé keteMu” ended up being a wonderful
    posting. If merely there were significantly more
    blogs such as this excellent one on the word wide web.
    Anyway, thanks a lot for your personal precious time, Beatris

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: