NgélMu – aNgél sadurungé keteMu

Komposisi Minyak Bumi (II)

Posted by EG Giwangkara S pada Jumat, 29 September 2006

Tadinya saya tidak ingin terlalu jauh menulis tentang Komposisi Minyak Bumi, karena ingin segera menulis artikel tentang proses pengolahan minyak bumi menjadi produk-produknya yang kita ketahui dipasaran dan pengendalian mutunya. Tetapi setelah membaca sebuah email berikut dalam sebuah milis, saya jadi tertarik untuk menulis kelanjutannya ; Komposisi Minyak Bumi (The Trilogy).. :-)

Berikut adalah sebuah email yang dikirim seseorang dalam sebuah miling list.

Parafin dan aspaltin adalah deposit organic yang dapat menyebabkan terjadinya penyumbatan pada formasi atau pada jaringan pengangkut. Keduanya serupa tapi tak sama. Parafin adalah senyawa hidrokarbon rantai lurus, N-alkana dengan rantai sangat panjang (C > 100) yang membentuk struktur kristal. Parafin memiliki titik didih lebih dari 240oF.

Alpalten merupakan struktur benzen bermuatan, memiliki densitas yang tinggi, membentuk molekul amorf (biasanya padatan britle/getas) . Parafin dapat meleleh sedangkan asphalten terdekomposisi, Deposit keduanya mengambang di air dan larut di air. Parafin larut dalam heptane dan crude oil sedangkan aspalten tidak.

Sebagian besar yang ditulisnya adalah benar, tapi ada beberapa hal yang mungkin perlu diluruskan. 

Jadi yang namanya minyak bumi atau sering juga disebut crude oil adalah merupakan campuran dari ratusan jenis hidrokarbon dari rentang yang paling kecil, seperti metan, yang memiliki satu atom karbon sampai dengan jenis hidrokarbon yang paling besar yang mengandung 200 atom karbon bahkan lebih.

Secara garis besar minyak bumi dikelompokkan berdasarkan komposisi kimianya menjadi empat jenis, yaitu :

  1. Parafin
  2. Olefin
  3. Naften
  4. Aromat

Tetapi karena di alam bisa dikatakan tidak pernah ditemukan minnyak bumi dalam bentuk olefin, maka minyak bumi kemudian dikelompokkan menjadi tiga jenis saja, yaitu Parafin, Naften dan Aromat.

Kandungan utama dari campuran hidrokarbon ini adalah parafin atau senyawa isomernya. Isomer sendiri adalah bentuk lain dari suatu senyawa hidrokarbon yang memiliki rumus kimia yang sama. Misal pada normal-butana pada gambar berikut memiliki isomer 2-metil propana, atau kadang disebut juga iso-butana. Keduanya memiliki rumus kimia yang sama, yaitu C4H10 tetapi memiliki rumus bangun yang berbeda seperti tampak pada gambar.

Jika atom karon (C) dinotasikan sebagai bola berwarna hitam dan atom hidrogen (H) dinotasikan sebagai bola berwarna merah maka gambar dari normal-butan dan iso-butan akan tampak seperti gambar berikut :

normal-Butan - CH3(CH2)2CH3

iso-Butan - CH3(CH3)CHCH3

Senyawa hidrokarbon ‘normal’ sering juga disebut sebagai senyawa hidrokarbon rantai lurus, sedangkan senyawa isomernya atau ‘iso’ sering juga disebut sebagai senyawa hidrokarbon rantai cabang. Keduanya merupakan jenis minyak bumi jenis parafin.

Sedangkan sisa kandungan hidrokarbon lainnya dalam minyak bumi adalah senyawa siklo-parafin yang disebut juga naften dan/atau senyawa aromat. Berikut adalah contoh dari siklo-parafin dan aromat.

siklo-Heksana atau naftena - C6H12

Benzen (aromat)- C6H6

‘Keluarga hidrokarbon’ terebut diatas disebut homologis, karena sebagian besar kandungan yang ada dalam minyak bumi tersebut dapat dipisahkan kedalam beberapa jenis kemurnian untuk keperluan komersial. Secara umum, di dalam kilang minyak bumi, pemisahan perbandingan kemurnian dilakukan terhadap hidrokarbon yang memiliki kandungan karbon yang lebih kecil dari C7. Pada umumnya kandungan tersebut dapat dipisahkan dan diidentifikasi, tetapi hanya untuk keperluan di laboratorium.

Campuran siklo parafin dan aromat dalam rantai hidrokarbon panjang dalam minyak bumi membuat minyak bumi tersebut digolongkan menjadi minyak bumi jenis aspaltin.

Minyak bumi di alam tidak pernah terdapat dalam bentuk parafin murni maupun aspaltin murni, tetapi selalu dalam bentuk campuran antara parafin dan aspaltin. Pengelompokan minyak bumi menjadi minyak bumi jenis parafin dan minyak bumi jenis aspaltin berdasarkan banyak atau dominasi minyak parafin atau aspaltin dalam minyak bumi. Artinya minyak bumi dikatakan jenis parafin jika senyawa parafinnya lebih dominan dibandingkan aromat dan/atau siklo parafinnya. Begitu juga sebaliknya.

Dalam skala industri, produk dari minyak bumi dikelompokkan berdasarkan rentang titik didihnya, atau berdasarkan trayek titik didihnya. Pengelompokan produk berdasarkan titik didih ini lebih sering dilakukan dibandingkan pengelompokan berdasarkan komposisinya.

Minyak bumi tidak seluruhnya terdiri dari hidrokarbon murni. Dalam minyak bumi terdapat juga zat pengotor (impurities) berupa sulfur (belerang), nitrogen dan logam. Pada umumnya zat pengotor yang banyak terdapat dalam minyak bumi adalah senyawa sulfur organik yang disebut merkaptan. Merkaptan ini mirip dengan hidrokarbon pada umumnya, tetapi ada penambahan satu atau lebih atom sulfur dalam molekulnya, seperti pada gambar berikut :

Metil merkaptan - CH3CH2SH

Senyawa sulfur yang lebih kompleks dalam minyak bumi terdapat dalam bentuk tiofen dan disulfida. Tiofen dan disulfida ini banyak terdapat dalam rantai hidrokarbon panjang atau pada produk distilat pertengahan (middle distillate).

Selain itu zat pengotor lainnya yang terdapat dalam minyak bumi adalah berupa senyawa halogen organik, terutama klorida, dan logam organik, yaitu natrium (Na), Vanadium (V) dan nikel (Ni).

Titik didih minyak bumi parafin dan aspaltin tidak dapat ditentukan secara pasti, karena sangat bervariasi, tergantung bagaimana komposisi jumlah dari rantai hidrokarbonnya. Jika minyak bumi tersebut banyak mengandung hidrokarbon rantai pendek dimana memiliki jumlah atom karbon lebih sedikit maka titik didihnya lebih rendah, sedangkan jika memiliki hidrokarbon rantai panjang dimana memiliki jumlah atom karbon lebih banyak maka titik didihnya lebih tinggi.

About these ads

53 Tanggapan to “Komposisi Minyak Bumi (II)”

  1. ridam berkata

    thk will u for next some time to change over with me about hydrocarbon??

  2. EG Giwangkara S berkata

    offcourse… i will :)
    honestly, i really need more information about IT, too. especially about wireless communication. ‘coz right now i work as IT staff in here.
    so… where n when ? :)

  3. ratih berkata

    CADAS bow…………
    gak nyangka =)

  4. ratih berkata

    tlg kirim all about naphta dan low aromatic hydrocarbon solvent donk ^_^
    saya udah nyari tapi tidak menemukan apa yang saya inginkan…
    saya butuh banget nih untuk skripsi saya..
    tolong kirim ke email saya ya.. ^_^
    Thank’s before…

  5. EG Giwangkara S berkata

    Insya Allah deh tar saya coba tulis tentang hydrocarbon solvent deh disini. BTW: CADAS apaan seh ?

  6. sia lah pokoknya berkata

    saya kan dapet tuags dari guru sering banget disuruh cari2 web dan artikel tentang materi2 kimia…

    nti kalau saya butuh tolong bantu ya…

    hehehehe… makasiiii… eh ngomong2 tentang hidrokarbon dan minyak bumi ada di web mana lagi yah yang ngasih tau ttg unsur2 dan senyawanya…

  7. Giwangkara berkata

    waah… banyak banget, dyan…
    coba anda googling, pasti dapet.

  8. sinta berkata

    itu ilmu pengetahuan yg saya liat dari mana sih dapetnya >

  9. EG Giwangkara S berkata

    kalau yang anda liat disini ya dapetnya dari sini juga.. :D
    tapi yang saya tulis disini dapet dari pengalaman kerja n kuliah di AKAMIGAS Cepu.

  10. Nay berkata

    Anak SMAN 13 Bandung paling nyarinya juga ke sini…..

  11. EG Giwangkara S berkata

    emang ada apa dengan sman 13 bandung ?

  12. Kirei_SweetZ berkata

    Wah… Bgus juga situs yang kayak gini…
    Buat nambah2 ilmu
    Kalau bisa tambahin tentang proses DestiLasinya juga yaw..
    Biar Lebih KomPLiiit,,,…

  13. The_Kocko berkata

    saya bingung banget ngadepin TA, tolong bantu donk carikan
    berat jenis bahan bakar kerosin, spesifikasinya, nilai kalor terendanya, ma kompresinya.
    kpn saya bisa dapat jawabannya?

  14. EG Giwangkara S berkata

    Kirei_SweetZ :

    pan sudah ada di artikel Proses Pengolahan Minyak Bumi.. ;)

  15. EG Giwangkara S berkata

    The_Kocko :

    jawabannya bisa anda dapatkan segera di halaman download : Spesifikasi Bahan Bakar Minyak.

  16. Mutiara berkata

    mas, atau om, atau pak,,
    maaf ya!
    saya msh duduk di kelas 1 sma..
    saya dapet tugas dari guru kimia saya, disuruh nyari barang2 yg komposisinya ada senyawa hidrokarbonnya.
    misal : sabun
    tapi saya gag tau lagi..
    padahal disuruh nyari 6 barang/produk yang beda
    pliiiiis..
    bantuin saia dong..
    tugasnya dikumpul hari snin tgl 21 mei 07..
    pliiiiiiss..demi mendongkrak nilai saia tuk masuk IPA niy…

  17. Ina & Icha berkata

    makasih Ya.. Kakak, oom, tante atau siapapun manusia yang bikin web ini..
    soalnya udah lumayan kebantu nee buat bikin tugas studi literatur kimia tentang minyak bumi,,,,,

    Makasiiii yaaaaa… sekali lagi…

  18. zahra berkata

    kak.. makasih ya atas segala ilmu yang diberikan. ermanfaat bgt tuk saya dlm penyusunan skripsi. KAk,, mo minya informasi mengenai titik anilin dan kadar aromat dong. Plisss….. tig kirim ke emailku ya,,,

  19. zahra berkata

    kak.. makasih ya atas segala ilmu yang diberikan.,, mo minta informasi mengenai titik anilin dan kadar aromat dong. Plisss….. tig kirim ke emailku ya,,,

  20. ozwal berkata

    kak, saya mau tanya ” kenapa sich tangan kita terasa lebih dingin apabila dimasukin kedalam bensin daripada dimasukin kedalan jenis BBM lainnya ???? Tolong kirim ke email ku ya kak ???? Thank’s………….

  21. asty berkata

    bantuin bikin makalah tentang minyak bumi dongg.
    hari senen suruh kumpulin lagii.

  22. mumun berkata

    Mas atau Pak, saya mau tanya, struktur molekul ataupun struktur atom solar dann minyak tanah itu seperti apa???
    Q dah coba browsing tapi lom ketemu2 juga. Sebelumnya makasih banget buat bantuannya.

  23. [...] on Download e-Book Kimia Gratisan…BaRT ~ Bartian on Kegunaan Hidrokarbon Dalam Keh…mumun on Komposisi Minyak Bumi (II)…Hamzah on Download e-Book Kimia Gratisan…EG Giwangkara S on Spektrofotometer Infra Merah T…EG [...]

  24. ikhi berkata

    wah thank abiz to informasinya sangat membantu dalam tgs kul sya maaf ni low boleh minta komposisi yang lebih sfesifik lagi donk misalnya komposisi premium,solar,pertamax dsb.

  25. taufik berkata

    mas minta sfesifikasi yang lengkap donk seperti permintaan teman yang di atas. low bleh kirim ke e mail saya ya mas atas perhatiannya saya ucapkan terimakasih

  26. syamsu berkata

    minta rumus bangun dari minyak tanah ,bensin n solar donk….

  27. deni setiawan berkata

    mas bisa minta tolong cari rumus-rumus kimia flavour durian ga?

  28. Nurjayati, Ratih berkata

    alhamdulillah..saya terbantu dgn adanya blog ini, entah siapapun yg punya…terima kasih sebesar2nya…saya meng-copy smua ttg minyak bumi dan peng-kilangannya….terima kasih…saya tdk`kan lupa tuk` mencantumkan penulisnya..ttp semangat menulis!
    “sebaik2 manusia adalah yg bermanfaat bagi manusia lainnya”

  29. Vannisa berkata

    Terima Kasih Banyak !! Karena ada ini aku bisa nyelesain tugas Karya Tulis Hidrokarbon !!

  30. Arianto berkata

    Thanks banget atas infonya tentang minyak bumi

  31. van berkata

    mas to0long donk kirim referensi tentang minyak tanah!

  32. [...] yang pernah saya tulis tentang jenis minyak bumi disini, disini dan disini juga, pada kenyataannya minyak bumi tidak pernah ada yang sama, bahkan untuk [...]

  33. asepwawan berkata

    pak giwang saya mau naya nich.saya berhayal bikin minyak tanah ya saya melihat di dimensi lain gitu tapi saya udah pernah dicoba ya ada hasil tapi kalau mau diperbesar saya dikasih rumus-rumusya sama beberapa tank pengolahan ya jadi kurang mengerti mungkin pak giwang bisa bantu nanti yang lebih jelasnya saya kirim datanya.tapi saya pernah bahjan sering memperlihatkan pada orang lain dengan dibuka matanya sama saya ya kaya gitu prosesnya .saya juga dapat ide buka situs disini mungkin ada hasilnya nama saya asep wawan hp 022 70906985 saya pengen infprmasi lebih gimana

  34. khamdi berkata

    terima kasih atas bagi2 ilmunya, semoga anda dapat ilmu lainnya yang lebih banyak. sedekah ilmu tidak akan berkurang, malah bertambah. terima kasih.

  35. [...] yang pernah saya tulis tentang jenis minyak bumi disini, disini dan disini juga, pada kenyataannya minyak bumi tidak pernah ada yang sama, bahkan untuk [...]

  36. [...] yang pernah saya tulis tentang komposisi minyak bumi disini dan disini, minyak bumi bukan merupakan senyawa homogen, tapi merupakan campuran dari berbagai jenis senyawa [...]

  37. lia berkata

    Trims ya bwat elmunya, berguna bgt bwat skripsi sy, tapi sy boleh minta tolong sy mw tahu tentang komposisi minyak mentah (klo bisa yang dari cepu),solar dan oli.makasih banyak sebelumnya info ini akan sangat membantu saya…

  38. Deddy Rachmat berkata

    Terima kasih Mas’ atas informasi ilmu yang sangat bermanfaat ini, semoga Anda & Keluarga selalu dalam keadaan sehat dan dalam lindungan Allah SWT’ sehingga dapat memberikan ilmu lain yang sangat bermanfaat ini.

    Wassallam,
    Deddy

  39. Nadya berkata

    Terima kasih ya Pak, atas ilmunya.
    Kebetulan saya ada tugas tentang minyak bumi.
    Informasinya sangat berguna.
    Sekali lagi terima kasih ya pak.

  40. gita chedhe berkata

    maakasiih bwt info nya. . .
    berguna bgt bwt tugas kimia yg agy di pe-erin. .
    hehehehehehehe =] =] =]

  41. safwan berkata

    thanks yach…..tas infonya…
    maslhnya tu sangt berguna gi q…..
    ok…
    see you

  42. Joshua Andrian berkata

    Eh gimana sih pengelolahan MINYAK BUMI teh!!!!!!

  43. sari berkata

    bisa gak situs ini ditambahkan lebih banyak lagi tentang minyak bumi. aku butuh banget untuk nyelesain tugas nih!!!!!!!!

  44. Ngie berkata

    ka,,mas,,mba…..
    ada yang tau ga tempat beli solvent n-pentana teknis,,coz saya dah survey beberapa tempat yang ada cuma yang p.a nya aja…klo ada berapa hrga perliternya d dimana saya bisa pesan…tolong bantu yah klo ada yang tau…tq…

  45. AaDd_99 berkata

    Ass…trima kasih byk infonya…tp bisa ga lebih detail lagi …sebenernya kenapa Olefin itu…ga ada dalam minyak bumi (crude oil)karena baru dapat yang jelasin pake satu kalimat…katanya,,,olefin dapat cari proses katalisis…aku kurang paham nih…makasih byk sebelumnya…. ^_^v

  46. Irfan halim berkata

    Trimakasih banyak untuk info nya , tapi ada yang kurang walaupun hanya sedikit, tp cukup bemanfaat untuk sekedar pengetahuan . . .

  47. [...] yang pernah saya tulis tentang komposisi minyak bumi disini dan disini, minyak bumi bukan merupakan senyawa homogen, tapi merupakan campuran dari berbagai jenis senyawa [...]

  48. ibnu nafis ulfianti berkata

    wah buat yang miliki ini web ane makasih banget ya!!!!
    jadi bisa ngerjain dah makalah ane
    makasih
    assalamualaikum

  49. NGÉLMU berkata

    [...] yang pernah saya tulis tentang komposisi minyak bumi disini dan disini, minyak bumi bukan merupakan senyawa homogen, tapi merupakan campuran dari berbagai jenis senyawa [...]

  50. nababan berkata

    siala,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,

    ngrjaen tugass kyak bgniiiiiiiiiiiiiiiiiii

    bete

  51. [...]  + sok, mangga dibaca lagi artikel yang ini… [...]

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: