NgélMu – aNgél sadurungé keteMu

Proses Pengolahan Minyak Bumi

Posted by EG Giwangkara S pada Selasa, 27 Februari 2007

Kolom pemisah minyak bumiSeperti yang pernah saya tulis tentang komposisi minyak bumi disini dan disini, minyak bumi bukan merupakan senyawa homogen, tapi merupakan campuran dari berbagai jenis senyawa hidrokarbon dengan perbedaan sifatnya masing-masing, baik sifat fisika maupun sifat kimia.

Proses pengolahan minyak bumi sendiri terdiri dari dua jenis proses utama, yaitu Proses Primer dan Proses Sekunder.  Sebagian orang mendefinisikan Proses Primer sebagai proses fisika, sedangkan Proses Sekunder adalah proses kimia. Hal itu bisa dimengerti karena pada proses primer biasanya komponen atau fraksi minyak bumi dipisahkan berdasarkan salah satu sifat fisikanya, yaitu titik didih. Sementara pemisahan dengan cara Proses Sekunder bekerja berdasarkan sifat kimia kimia, seperti perengkahan atau pemecahan maupun konversi, dimana didalamnya terjadi proses perubahan struktur kimia minyak bumi tersebut.

 

Rantai Hidrokarbon Minyak Bumi

Seperti kita kitahui dalam Kimia Organik bahwa senyawa hidrokarbon, terutama  yang parafinik dan aromatik, mempunyai trayek didih masing-masing, dimana panjang rantai hidrokarbon berbanding lurus dengan titik didih dan densitasnya. Semakin panjang rantai hidrokarbon maka trayek didih dan densitasnya semakin besar. Nah, sifat fisika inilah yang kemudian menjadi dasar dalam Proses Primer.

Jumlah atom karbon dalam rantai hidrokarbon bervariasi. Untuk dapat dipergunakan sebagai bahan bakar maka dikelompokkan menjadi beberapa fraksi atau tingkatan dengan urutan sederhana sebagai berikut :

  1. Gas
    Rentang rantai karbon : C1 sampai C5
    Trayek didih : 0 sampai 50°C
    Peruntukan : Gas tabung, BBG, umpan proses petrokomia.
  2. Gasolin (Bensin)
    Rentang rantai karbon : C6 sampai C11
    Trayek didih : 50 sampai 85°C
    Peruntukan : Bahan bakar motor, bahan bakar penerbangan bermesin piston, umpan proses petrokomia
  3. Kerosin (Minyak Tanah)
    Rentang rantai karbon : C12 sampai C20
    Trayek didih : 85 sampai 105°C
    Peruntukan : Bahan bakar motor, bahan bakar penerbangan bermesin jet, bahan bakar rumah tangga, bahan bakar industri, umpan proses petrokimia
  4. Solar
    Rentang rantai karbon : C21 sampai C30
    Trayek didih : 105 sampai 135°C
    Peruntukan : Bahan bakar motor, bahan bakar industri
  5. Minyak Berat
    Rentang rantai karbon dari C31 sampai C40
    Trayek didih dari 130 sampai 300°C
    Peruntukan : Minyak pelumas, lilin, umpan proses petrokimia
  6. Residu
    Rentang rantai karbon diatas C40
    Trayek didih diatas 300°C
    Peruntukan : Bahan bakar boiler (mesin pembangkit uap panas), aspal, bahan pelapis anti bocor.

Melihat daftar trayek hidrokarbon diatas nampak ideal sekali, dimana perbedaan jumlah atom karbonnya sangat jelas. Tapi pada kenyataannya dengan teknologi sekarang kondisi diatas teramat sangat sulit dicapai… oops, maaf menggunakan baya bahasa pleonasme :)

+ Kenapa ?….

 

- haar… kumaha ieu téh…! kok malah ditanya :)

Kondisi ideal diatas sulit dicapai karena senyawa hidrokarbon dalam minyak bumi banyak mengandung isomernya juga.

trus, ari isomer téh naon, kang ?

 

sok, mangga dibaca lagi artikel yang ini

Ya…., isomer hidrokarbon, terutama isomer yang parafinik memiliki titik didih dan densitas yang lebih ringan dibandingkan dengan rantai lurusnya. Misal, normal-oktan (n-C8H18) titik didih dan densitasnya akan lebih besar dari pada iso-oktan (2,2,4-trimetil pentan), begitu juga untuk isomer-isomer lainnya.

Atas dasar kondisi seperti itulah kemudian pada kenyataannya dalam pengolahan minyak bumi lebih memegang patokan kepada trayek titik didih daripada komposisi atau rentang rantai karbonnya. Sehingga pada batas antara fraksi pasti akan terjadi overlap (tumpang tindih) fraksi. Overlap ini kemudian disebut sebagai minyak slops yang nantinya akan berfungsi sebagai bahan pencampur untuk mengatur produk akhir sehingga memenuhi spesifikasi atau baku mutu yang ditentukan.

 

Proses Primer

Minyak bumi atau minyak mentah sebelum masuk kedalam kolom fraksinasi (kolom pemisah) terlebih dahulu dipanaskan dalam aliran pipa dalam furnace (tanur) sampai dengan suhu ± 350°C. Minyak mentah yang sudah dipanaskan tersebut kemudian masuk kedalam kolom fraksinasi pada bagian flash chamber (biasanya berada pada sepertiga bagian bawah kolom fraksinasi). Untuk menjaga suhu dan tekanan dalam kolom maka dibantu pemanasan dengan steam (uap air panas dan bertekanan tinggi).

Kolom pemisah minyak bumi

Karena perbedaan titik didih setiap komponen hidrokarbon maka komponen-komponen tersebut akan terpisah dengan sendirinya, dimana hidrokarbon ringan akan berada dibagian atas kolom diikuti dengan fraksi yang lebih berat dibawahnya. Pada tray (sekat dalam kolom) komponen itu akan terkumpul sesuai fraksinya masing-masing.

Pada setiap tingkatan atau fraksi yang terkumpul kemudian dipompakan keluar kolom, didinginkan dalam bak pendingin, lalu ditampung dalam tanki produknya masing-masing. Produk ini belum bisa langsung dipakai, karena masih harus ditambahkan aditif (zat penambah) agar dapat memenuhi spesifikasi atau persyaratan atau baku mutu yang ditentukan oleh Dirjen Migas RI untuk masing-masing produk tersebut.

 

Proses Sekunder

Seperti yang pernah saya tulis tentang jenis minyak bumi disini, disini dan disini juga, pada kenyataannya minyak bumi tidak pernah ada yang sama, bahkan untuk sumur minyak yang berdekatan sekalipun. Kenyataannya banyak sumur minyak yang menghasilkan minyak bumi dengan densitas (specific gravity) yang lebih berat, terutama untuk sumur minyak yang sudah udzur atau memang jenis minyak dalam sumur tersebut adalah jenis minyak berat. Pada pemompaan minyak dari dalam sumur (reservoir) biasanya yang akan terpompakan pada awal-awal produksi adalah bagian yang ringannya. Sehingga pada usia akhir sumur yang dipompakan adalah minyak beratnya.

Untuk pengolahan minyak berat jenis ini maka bisa dipastikan produk yang dihasilkan akan lebih banyak fraksi beratnya daripada fraksi ringannya.

+ Penjelasannya mbingungi ga sih ? :(

Maksudnya gini lho, kalo yang dimasak tuh minyak bumi jenis minyak berat seperti penjelasan diatas maka produk yang dihasilkan akan lebih banyak fraski solar, minyak berat atau residunya daripada gas, bensin atau minyak tanahnya. Sementara konsumsi produk minyak bumi di Indonesia kan lebih banyak dari fraksi bensin dan solarnya, terutama untuk otomotif.

- Kalo gitu mendingan ga usah masak minyak jenis minyak berat aja kang,
biar bisa bikin bensin dan minyak tanah lebih banyak…

 

+ Lha kalo harga jenis minyak berat ini bisa lebih murah gimana ?
Kan lumayan bisa menghemat duit negara… deuu… :)
Tau ah… pokokna mah saya cuma pengen ngomongin dari sisi
teknologinya aja deh… :)

Jadi, jika yang dimasak oleh proses primer adalah minyak bumi jenis minyak berat maka hasilnya akan lebih banyak fraksi beratnya (solar, minyak berat dan residu) daripada fraksi ringannya. Sementara tuntutan pasar lebih banyak produk dari fraksi ringan dibandingkan fraksi beratnya. Maka untuk menyiasatinya adalah dengan melakukan perubahan struktur kimia dari produk fraksi berat.

Teknologi yang banyak digunakan adalah dengan cara melakukan cracking (perengkahan atau pemutusan) terhadap hidrokarbon rantai panjang menjadi hidrokarbon rantai pendek, sehingga bisa menjadi fraksi ringan juga. Misal, dengan cara merengkah sebuah molekul hidrokarbon C30 yang merupakan produk dari fraksi solar atau minyak berat menjadi dua buah molekul hidrokarbon C15 yang merupakan produk dari fraksi minyak tanah atau kerosin, atau menjadi sebuah molekul hidrokarbon C10 yang merupakan produk dari fraksi bensin dan sebuah molekul hidrokarbon C20 yang merupakan produk dari fraksi solar.

Kilang proses perengkahan menggunakan katalis

Proses perengkahan ini sendiri ada dua dua cara, yaitu dengan cara menggunakan katalis (catalytic cracking) dan cara tanpa menggunakan katalis atau dengan cara pemanasan tinggi menggunakan suhu diatas 350°C (thermal cracking).

Perbedaan dari kedua jenis perengkahan tersebut adalah pada kemudahan “mengarahkan” produk yang diinginkan. Pada cara thermal cracking sangat sulit untuk mengatur atau mengarahkan produk fraksi ringan mana yang diinginkan. Dengan cara ini jika kita menginginkan membuat bensin yang lebih banyak dibandingkan minyak tanah akan sulit dilakukan, padahal keduanya masih termasuk fraksi ringan. Sementara jika menggunakan catalytic cracking kita akan lebih mudah mengatur mood operasi. Misal kita hanya ingin memperbanyak produk bensin dibandingkan minyak tanahnya, atau sebaliknya. Ilustrasinya kira-kira seperti jika kita akan memecah sekeping kaca lebar. Jika menggunakan cara thermal cracking kita ibarat memecahkan kaca tersebut dengan cara dibanting, ukurannya tidak akan teratur. Sedangkan jika menggunakan cara catalytic cracking ibarat memecahkan kaca dengan menggunakan pisau kaca, lebih teratur dan bisa sesuai keinginan kita.

Minyak hasil rengkahan tersebut kemudian dipisahkan kembali berdasarkan fraksi yang lebih sempit dalam kolom fraksinasi dengan proses seperti halnya proses primer, untuk selanjutnya didinginkan dan ditampung dalam tanki produk setengah jadi dan selanjutnya ditambahkan aditif sesuai spesifikasi produk akhir yang diinginkan.

Geto ceritanya…

…hhhh…. capek deh…. :)

 

About these ads

197 Tanggapan to “Proses Pengolahan Minyak Bumi”

  1. Paijo said

    Ternyata pengolahan minyak bumi itu rumit ya, pantas harganya mahal. Referensi yang sangat bagus. Terimakasih dan salam eksperimen.

  2. Om, makasih pencerahannya. Lengkap dengan gambar berwarna pulak.

  3. Untuk Paijo :
    Iya kah ?
    Mungkin karena ga terbiasa aja kali ya… seperti halnya kalau ada orang yang jelasin soal bursa efek… saya samasekali ga ngerti blas…. :)

  4. Untuk Kang Kombor :
    Makasih, mudah2an bisa nambah wawasan kita dan temen2 yang lainnya. Saya juga masih dalam tahap belajar juga sih, kang… :)

  5. Fajri said

    bisa gak sih artikel-artikel nya di download

  6. rasanya gampang deh, tinggal save as atau copy, paste n tulis authoringnya.. beres.. :)

  7. ash said

    den Giwangkara,
    artikelnya bagus, tulis terus.
    kalo mo tau ttg proses drilling beserta brand produk peralatannya (misalnya Varco, Ideco, dll.), bisa lihat dimana ya ?
    tks.
    salam sukses,

  8. makasih pak ash :-)
    soal proses drilling, waah.. maaf saya kurang ngerti soal sektor hulu industri migas. tapi mungkin saya bisa kasih clue; coba gabung di milis iagi atau migas indonesia. atau bisa coba baca tulisan2 pakde rovicky di http://rovicky.wordpress.com atau di http://www.migas-indonesia.com.

  9. andriansyah said

    pak givang yang saya maksudkan itu process and instrument diagram yaitu proses singkat dan instrument apa saja yang ada line tersebut. misalnya untuk material handlingnya yaitu pump, valve and metering equipment juga control sysytemnya. bisa dibantu pak?

  10. wah… apalagi soal detail instrumennya, saya tambah ga ngerti blas, ‘coz background saya hanya chemist. coba anda kirim email ke saya, nanti saya teruskan dan kenalkan ke teman saya yang memang punya kompetensi untuk masalah yang anda maksud.

  11. ziiyka said

    gagg ngertii gw…
    bukan anak kuliahan..

    mav daaahhh piss

  12. ziiyka said

    cumaa isenkk isenkk aja bukaa..
    eeehh ada komentar iia gw isiii..
    mav iia pakk syapa gag tauu..
    pisss..

    saya masih plajar ajarin dunk makanya biar pinter..

    tapii mas ganteng..

    okeee,,,

    hahahaha

  13. ziiyka said

    okeeee..
    mantaappp.
    lanjutkan,
    mainkan,
    pertahankann..

    mantabmantabmantabbb

  14. ade said

    keren bngt ms caranya,gw jd pngn pelajari itu

  15. hayu atuh kita sama-sama belajar… :)

  16. dio wibowo said

    terimaksih ya krena ini artikel berguna banget buat aq.karena ada tugas dari sekolah

  17. sukur deh kalo gitu.. :)

  18. ratih said

    ehmm…. apa ya?
    lumayan juga situsnya
    not to bed….

  19. maksudnya mungkin “not too bad” kali ya ? :)

  20. Kirana said

    makasih banget artikel2na…aa
    saya tertolong banget dengan artikel2 bermutu ini.
    kalo nggak ada inih,nilai tugas saya mungkin ga akan dikasih..

  21. sukur deh kl gitu…. :)
    trus nilainya dikasih berapa ?

  22. bella said

    makasih ya…
    tapi saya butuh info lain lagi ttg naphta
    kalo bisa tlg kirim ya…,

  23. rosi said

    thanks banged yach…
    artikel ini sangad berguna bwt q
    cz q mw ikut lktm(lomba karya tulis ilmiah mahsiswa)yang mengupas tentang pengolahan minyak bumi
    dan q berterima kasih bangged sama kamu….
    doakan lktm q sukses yach….
    dan terus lanjutkan tulisanmu….
    keren bangged….

  24. beben said

    wah gitu toh cara pengolahan minyak bumi ya?

    baru tau, :)

    wah kebetulan bgt lagi nyari2 artikel ttg ini,
    makasi ya mas.

    kalo bisa ditambahin dunks?
    dari proses awalnya, mulai dari drilling trusssss……..

    trus apa?
    saya bingung mas

  25. simarmata said

    Kalau untuk proses penjualannya ada yang bisa kasi info ke saya via japri juga boleh

  26. 22. Bella :

    oke deh… insya allah saya tulis tentang nafta dan solven. tapi sabar ya, biar runut ceritanya… :)

  27. 23. Rossi

    siip lah…
    selamat berjuang deh di lktm
    beruntung bisa ikutan, saya mah kemaren waktu sekolah ga pernah ikutan.

  28. 24. Beben

    ini baru dasar-dasar pengolahannya, pak beben..
    soal permintaan pak beben… hmm… sabar… sabar…
    saya juga nulis disini atau disini curi2 waktu saat luang kerjaan kantor ato di rumah pas insomnia saya kumat… :(

  29. 25. simarmata :

    Penjualan yang mana nih ? distribusi atau penentuan harga ?
    tar deh kapan2 saya tulis disini, ga usah japri… jadi bisa share untuk yang lain juga.
    Kalo yang japri mah ceritanya laen… ;)

  30. DJOKO SUWARTO said

    Sangat cukup jelas pencerahannya om…terima kasih, jadi lebih ngerti masalah process minyak bumi. om EG! tahu nggak gimana process MTBE methanol..mohon pencerahannya….

    Terima kasih
    salam MIGAS
    Djoko Suwarto
    djokosuwarto@yahoo.com.
    Abudhabi Polymers Co.UAE

  31. Insya Allah nanti akan saya bikin artikel tentang MTBE dan metanol :)

  32. dico said

    thanks for your articel so I,m can to prediction about refuel proces

  33. you welcome… :)

  34. ade s said

    bagus euy artikelnya…kalo bisa proses yang lainnya juga perlu didibahas tuh, misalnya proses perubahan batu bara menjadi gas, ato proses pembangkit listrik tenaga nuklir, ato pengolahan sampah menjadi energi alternatif(biomass), ato yang lagi buming lah….pasti akan lebih menarik….

  35. halah… kang ade, banyak banget requestnya… :(
    saya bukan “Mr. Know Everything”…….
    saja hanjalah seoerang koeli laboratorium jang bekerdja di djawatan perminjakan… :)

  36. fauzi said

    pak giwang nanti kita bisa chat…aq sudah add di gaim saya (utk chat seperti YM)…nmr hp 08563522346

    thx

  37. EG Giwangkara S said

    wah… sayang semua fasilitas chatting ditutup oleh server kantor. sementara saya sendiri dial-up dari rumah melalui RAS kantor… :(

  38. p4r4d1s3 said

    wow,. keren yh.. saya sebetulnya udh di kasih tahu ttg ini sebelumnya,. tapi masih blm mengerti,.. setelah baca artikel ini jadi lebih mengerti,. terimakasih mas givangkara,. jangan berhenti berkarya!!!,. mas givang,.kalo saya ada perlu minta bantuan boleh kan? no hp 085885290082 ,. salam experiment,. chem – is – try .

  39. uliel thea said

    saya mahasiswa geografi di UPI mo nanya baku mutu air minum n baku mutu untuk irigasi dong

  40. 38. p4r4d1s3 :

    insya allah saya bantu kalau memang saya bisa bantu.. :)

  41. 39. Uliel Thea :

    lho… bukannya sudah jelas di pasal 8 dan lampiran peraturan pemerintah no. 82 tahun 2001 yang ada di halaman download situs ini… :)

  42. hamri' said

    wow….
    ternyata susah juga yah pengolahan minyak bumi…
    so, qta2 hrus hemat BBM coz biayanya mahallll,ok!

  43. bantek said

    bagus juga tapi tolong carikan tentang

    1.komponen utama penyusun minyak bumi

    2.tolong tampilkan bagan penyulingan bertingkat dan teknik pemisahan fraksi-fraksi minyak bumi

    3. bagaimana cara membedakan kualitas bensin berdasarkan nilai oktannya.

    4. apa dampak pembakaran bahan bakar terhadap lingkungan sekitar

    5. tuliskan kegunaan dan komposisi senyawa hidrokarbon dalam bidang sandang, pangan, papan

    buat tugas ni tolong dicarikan y…..

    kirim ke…
    rozie_bantek@yahoo.co.id

  44. beatrix said

    thAnkz ya,,
    infox kwerren bgdzz
    pas bgt nih,tinggal dicopy bwt tugas skull….
    thAnk uuuuu….

  45. farrah said

    ooooo owww! kalau minyak bumi di dunia ini abis gmn ne? kembali ke zaman batu… soalnya kegunaannya banyak banget. Terima kasih sudah memberi informasi yg lengkap. sepertinya anda hebat dalam kimia. tuliskan info tentang hasil sda dari perut bumi yang lain ya,saya tunggu..

  46. 42. Hamri :

    Bukan hanya karena harganya yang mahal, tapi juga efek samping yang ga ternilai dari pemakaian BBM …

  47. 43. Bantek :

    Pliss deh…
    Saya heran dengan pertanyaan anda, karena beberapa jawaban dari pertanyaan anda cukup mudah dan sudah saya tulis disini.
    Sebelum saya jawab mungkin ada baiknya anda baca tulisan saya di http://givangkara.multiply.com/journal/item/56.

    Perintah No. 1 :
    bagus juga tapi tolong carikan tentang
    1. komponen utama penyusun minyak bumi

    Jawab :
    Ada di situs ini di kategori “Minyak Bumi”.

    Perintah No. 2 :
    2. tolong tampilkan bagan penyulingan bertingkat dan teknik pemisahan fraksi-fraksi minyak bumi

    Jawab :
    Lha tulisan diatas sudah dibaca belom ?
    Kok bisa ujuk-ujuk ngisi kometar disini tanpa baca dulu artikelnya ?

    Perintah No. 3 :
    3. bagaimana cara membedakan kualitas bensin berdasarkan nilai oktannya.

    Jawab :
    Menggunakan mesin CFR (cooperative fuel research).

    Perintah No. 4 :
    4. apa dampak pembakaran bahan bakar terhadap lingkungan sekitar

    Jawab :
    Emisi gas sisa pembakaran.

    Perintah No. 5 :
    5. tuliskan kegunaan dan komposisi senyawa hidrokarbon dalam bidang sandang, pangan, papan

    Jawab :
    Banyak dan silahkan tulis sendiri, mulai dari tampon sampai dengan komponen satelit n space-shuttle.

    Penutup :
    kirim ke rozie_bantek@yahoo.co.id

    Jawab :
    Silahkan check mail.
    Sekarang gantian, silahkan anda kirim ke nomor rekening 007-052-1522 (BNI KCP Jl. A. Yani, Palembang)

  48. EG Giwangkara S said

    44. Beatrix :

    Sukur deh kalo bisa membantu anda…
    Kebayang ga dulu waktu saya masih di SMAKBO pengen belajar minyak ga tau harus nyari dimana. Padahal internet belom ada.

  49. EG Giwangkara S said

    45. Farah :

    Pan sekarang sedang ramai dibahas tentang bahan bakar nabati…

  50. diSTy said

    maKaSih y..ooM…
    beRKat ooM tugaS saiia dpt terselesaikan dGn baiK!!!!!!!

  51. EG Giwangkara S said

    sukur deh kalo bisa bermanfaat… :)

  52. andy yusuf said

    fraksi2 myk bumi disini ko beda ya ama di wikipedia spt trayek didihnya dan jumlah karbonnya, SO MN YG BENER NEH????

  53. andy yusuf said

    contoh bensin, disini trayek didihnya 50 – 85 tp di wkpda 60-150……….mnt penjelasan dunk..mn yg bener??buat acuan,soalnya bedanya kan jauh banget

  54. Soetrisno said

    Pak Giwang, mohon ijin utk menampilkan ulang artikel ini di situs http://www.chem-is-try.org .

  55. nia said

    assalamualaikum. wah makasih nih mas, keterangnnya memuaskan banget dan cukup mudah dimengerti. yang tadinya waktu di kuliah saya mubeng sekarang ya… agak mudeng lah. semoga sukses

  56. Mahardika said

    Saya mo nanya , kegunaan /pemanfaatan senyawa hidrokarbon dalam bidang :
    1.Sandang
    2.Pangan
    3.Papan
    4.Seni
    5. Pemanfaatan lainnya.
    Apa aja?
    jawab nya kirim ke bibob_29@yahoo.com aja klo bisa.
    Pliss bwt tugas sekolah.

  57. Mahardika said

    deadline nya tanggal 21 jadi klo bisa jwb nya sekarang
    hehe.

  58. Mahardika said

    bulan mei

  59. Mutiara said

    bwt Mahardika,,
    kelas X apa?

    tugas kita sama loh!

    sma 39 jkt, kopassus?

    guru kimianya pak Gusriwan y?

    iia nih oom,,
    plis bgd jwb tugas ku itu..
    mendesak skali niy..

  60. DHY said

    iy ney om..

    q jg dari 39 mw nanya kegunaan senyawa hidrokarbon dalam berbagai bidang sandang papan pangan seni dan estetika..

    mohon dijawab y om..
    omlah satu2nya harapankuh untuk meyelesaikan tugaskuh yg banyak ni..

    kirim y om k..
    Larc_dhythaido@plasa.com

    makasih banyak y om giwang..
    makasih…

  61. zhendyV said

    deuuuuuuu !!

    kayaknya tugas itu bukan cuma milik SMA 39 d !!

    gw juga dari sma 13 disuruh nyari gituan !!

    plis y kk kalo ud dapt bagi” ke gw !!

    kalo bisa kirim ke oops_apatuh@yahoo.co.id

    met kenal y ^^

  62. Mahardika said

    om jawab nya cepet donk senen dikumpulin neh!

  63. marlina said

    om..penjelasan tentang senyawa CH dalam bidang sandang, pangan, papan bisa dikirim gak ke marlinaveronika_260391@yahoo.com
    aq pusing cari tugas itu….sebelumnya makasih om dah baca tulisan ini..oia ompenjelasannya pake gambar bisa gak?? plizzzz….
    buat anak 39..cayoooo!!!

  64. marlina said

    oia om…jawabannya aq tunggu sampai besok coz hari senin dikumpulin…

  65. CitRa,, said

    iya nii,,
    citra juga dapet tugass.
    tapi gurunya citra baikk..
    sama kayak mereka yang di 39 dan 13,.
    pemanfaatan senyawa hidrokarbon.
    pii citra cuma di bidang sandang, oom..
    bantuin citra dkk, dunzz…

    tolong,, sama kaya mereka,
    besok dikumpulin..

    tolong ya, oom..
    ditunggu,.
    kirim ke e.mailnya citra ja,.
    *ini_citra92@yahoo.com*

    makasi bgd ya,,
    dimohon dgn sgd bantuannyaaa…

  66. Maulana said

    Waah ternyata banyak anak 39 yang nanya kesiniii !!!!
    Oom, tolongin dunkz. Gw jg anak 39. Dikasih tugas persis sama..
    Tolong yah oom
    kirim ke boeboehoets@yahoo.com

    Pliss oom

  67. frima said

    om , aku juga anak 39 ni .
    sama , mwu nanya kegunaan dari hidrokarbon di bidang pangan , sandang papan ma seni dan estetika .
    oow iia, sekalian gambarna juga iia om ,
    tugasku juga di kumpulin hari senin .
    tolong dikirim ke e-mailku vreema@yahoo.com
    pliz bgt iia om .

  68. Pasha said

    Om Help Pliss Masih Ol Ga???
    Kirimin Juga Donk kegunaan dari hidrokarbon di bidang pangan , sandang papan, PLiss om Aq Gak bisa Tidur Nehh
    Hu3x
    Kirimin Ke pasha_the_abie@yahoo.com

  69. EG Giwangkara S said

    Buat adik-adik kelas X di 39, 13 ato kelas X lainnya, yang meminta penjelasan, contoh dan gambar kegunaan hidrokarbon dalam bidang pangan, sandang, papan, seni dan estetika, permintaannya sudah saya kirim japri ke email masing-masing. Tapi ada error sending ke emailnya Marlina dan Pasha, email anda berdua tidak dikenal dengan pesan dari Yahoo! sebagai berikut :

    216.39.53.2 failed after I sent the message.
    Remote host said: 554 delivery error: dd This user doesn’t have a
    yahoo.com account (marlinaveronika_260391@yahoo.com) [-5] –
    mta254.mail.re4.yahoo.com

    209.191.118.103 failed after I sent the message.
    Remote host said: 554 delivery error: dd This user doesn’t have a
    yahoo.com account (pasha_the_abie@yahoo.com) [-5] –
    mta569.mail.mud.yahoo.com


    Jadi, jangan salahkan saya kalau anda berdua tidak menerima jawaban tugas sekolah anda… :)

  70. Hw said

    bleh jg artikelnya tlis lgi yg lain tentg migas biar tgs kuliah cpt slesai

  71. zhendyV said

    wuaaaaaaaaaaaa

    thx bgth nii kk !!

    membantu bgth !!

    aq gag tw nii klo gag ada kk !!

    tp boleh tny yg lain gag kk ??

    cara bikin blog sbagus ini gmn caranya ??

    aduhh kayaknya aq berlebihan nii nanyanya !!

    tp klo bisa tolong d’jawab y kk !!

    coz aq nyari buku ttg blog gag ktmu” !!

    skali lg thx y kk !!

    dan bagi kalian semua plis add FS gw y !!

    di oops_apatuh@yahoo.co.id

    FS aq ud overlay lho !!

    bye” ^^

  72. la nashia said

    kakak………………kirimin jg dong kegunaan n komposisi hidrokarbon dibidang sandang,pangan,papan,seni dan estetika.
    tolong ya kak!!!!!!!1111
    fs: rrrggghhh@yahoo.com
    yahoo: rr_ggg_hhhh@yahoo.com
    kl bisa secepatnya ya kak………………saya anak13
    tolong y ……………………….
    plizzzzzzzzzzzzzzz

  73. andri said

    kak,,saya jg mau dunk kirimin kegunaan dan komposisi hidrokarbon dlm bidang sandang,pangan,papan,seni,dan estetika.
    tolong ya kak,saya jg ank 13.
    bantuin ya kak,,kl bs agak cepat,,
    makasih!!!!!!!!!!!!!

  74. zhendyV said

    la nashia bukannya gw ud kirim ke lo !!

    truz itu andri klas X-3 bukann??

    email lo apa nanti gw kirimin !!

  75. udah tuh.. :)

  76. penky said

    kak saya juga mau dikirimin kegunaan dan komposisi hidrokarbon dlm bidang sandang,pangan,papan,seni,dan estetika.
    email saya: p317ky@yahoo.com
    Makacih..

  77. cinta said

    Kak, sy jg dpt tugas pemanfaatan snyw hirokarbon di bidang sandang, pangan, papan, etc. Plis kirimin skrg jg dunk ke addeyusuf@yahoo.com. Skl lg, pliiiis…, urgent bngt nih! Tx yaaa…

  78. fifah said

    ehm…
    awalnya sih seBell bGt dksh TuGaZ kimia, apalaGi GAk kSH tw Materinya,
    wah coBa-coBa aja nYari SenDiRi TernYata GAk BgtU nYebelin Yaa….

    eh sKrg MAlah Jd Doyan ma pel Kimia…

    K’ aQ mw tw situs2 kimia dimana aja sEhhh…

  79. cinta said

    Aku dpt tugas skul pemanfaatan senyawa hidrokarbon di bdg sandang, pangan, papan, dll. dll. Aku minta dikirimin spt tmn2 yg laen, eh sampe skrg blm dpt jg. Plis doooong…, butuh bngt nih! Buat tmn2 yg udh dpt, plis dunk forward ke aku. Ma’acih yaaa…

  80. cinta…. ga liat apa tuh artikel terbaru di halaman utama paling atas.. :)

  81. waahh… fifa dah dapet pencerahan neh keknya.. :) … sukur deh…
    untuk situs-situs kimia untuk yang bahasa indonesia mungkin bisa diliat di http://www.chem-is-try.org
    kalo yang bahasa inggrisnya sih banyak banget, tapi saya senengnya browsing di http://www.sciencedaily.com
    soalnya disitu artikelnya lebih luas dan aptikatif.

  82. dee said

    ya ampun, ini tugas nasional toh? pemanfaatan senyawa hidrokarbon bidang sandang, pangan, papan, seni, estetika. aku yang jurusan kimia juga kena imbas dari adekku yang SMA di Dampit Malang. suruh nyari artikel ato buat kliping. mana warnet di malang banyak yang kena sweeping lagi. makasih ya buat yang minta sebelumnya, jadi aku buka halaman ini udah dapet artikelnya. hehe curang.makasih juga buat operatornya. kayaknya ini seindonesia bakalan sama deh tugasnya, ya iyalah satu sumber gitu loh, kecuali yang lebih kreatif

  83. chacha said

    bikin pusing!!!!

    yang jlas dunk!!!!

    ada bagannya g?????????????

    gi nyari nih…….

    buruannnnnnnnnnnnn!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!11

  84. dee:

    kayanya sih iya jadi seperti tugas nasional, sebab memang di silabusnya emang bener-bener ada sih materi tentang kegunaan hidrokarbon dalam sandang, pangan, papan n estetika. coba deh liat silabusnya disini.

  85. chacha :

    perasaan di artikel saya tentang kegunaan hidrokarbon dalam kehidupan sehari-hari cukup jelas deh. emang sih saya sengaja ga langsung kasih jawaban yang diminta, tapi clue dengan beberapa resource. jadi silahkan baca semua dan rangkum sendiri.. :)

  86. M.Fuad said

    Waduh , maaf nih bung penulis , boleh kasih masukan en pelurusan hal2 yang menurut saya sangat serius? Sepertinya banyak data yang harus ditinjau ulang. Saya khawatir banyak siswa yang salah mengerti tentang proses pengolahan minyal bumi ini.
    Kebetulan Saya salah satu tim evaluasi minyak bumi Lemigas Dept. ESDM.
    Hal-hal yang menurut saya sangat mengganggu adalah tentang suhu-suhu pemotongan pada distilasi kilang. Fraksi suhu yang benar adalah:
    fraksi gas : C1-C4 , 350 C
    demikian data -data pemotongan suhu yang lazim dipakai di Lab. dan Kilang
    terima kasih

  87. M.Fuad said

    Wah datanya terpotong diulangi;
    gas(C1-C4) 350 C
    demikian mudahan berguna

  88. M.Fuad said

    Waduh , maaf nih bung penulis , boleh kasih masukan en pelurusan hal2 yang menurut saya sangat serius? Sepertinya banyak data yang harus ditinjau ulang. Saya khawatir banyak siswa yang salah mengerti tentang proses pengolahan minyal bumi ini.
    Kebetulan Saya salah satu tim evaluasi minyak bumi Lemigas Dept. ESDM.
    Hal-hal yang menurut saya sangat mengganggu adalah tentang suhu-suhu pemotongan pada distilasi kilang. Fraksi suhu yang benar adalah:
    350 C>””
    demikian data -data pemotongan suhu yang lazim dipakai di Lab. dan Kilang
    terima kasih

  89. vika_ratu said

    penulis artikel ini, saya mau nanya bisa gak si lilin minyak bumi bisa digunakan untuk pelapisan buah sebagai pengawetan contohnya buh duku?..kira-kira sifat lilin bumi itu sama gak dengan lilin lebah?..tolong banget beri keterangan yang sangat jelas about lilin bumi….please aq butuh banget balasan karena untuk bahan penelitian aq. thanks be4

  90. aday said

    wah tengkyu banget neh ada informasi pengolahan inyak bumi, bisa kasih gw informasi or nambah wawasan soalnye gw mau presentasi masalah beginian..!!!!

  91. cah ragil said

    artikel2 yang ada di sini sangat bermanfaat, alhamdulillah.

    pakde sebenarnya banyak yg mau sy tykan. tp skrg saya mau menanyakan tentang pengolahan air sumur pompa. air yg ada di t4 saya saat ini jernih jk br disedot dg pompa. tp bbrp saat kmd baunya yg berubah ‘banger’ dan menyisakan warna ‘karat’ di bagian tepinya. bgm solusinya agar kami ttp bs memanfatkannya? syukron.

  92. ade rahma said

    tanya donk!!

    jenis2 minyak bumi bdasarkan mutunya tuh apa aja??

    thx so muchhhh

  93. Agung said

    tanya donk pak!!!!!!!!

    napa data nya terpotong????????????

  94. astrid said

    q mau tanya ni! bisa g’ jelasin lebih lengkap tentang proses minyak mentah ini menjadi macam2 produk, mulai dari bahan dasar,bahan kimia antara,ampe jadi produk yang fungsional. Tla bngt ya balasannya.Jgn lupa ya kirim ke imail q!!!!!!!!!!!!!!!!PEnting!!!!!!!!

  95. Rina said

    trima kasih pak E.G Giwangkara.
    artikel bapak sangat berguna untuk proses pembelajaran saya di Teknik Kimia

  96. xxx said

    karakteristik secara detail (fisik dan kimia nya) dari berbagai jenis minyak dan gas bumi

  97. iko said

    oiya kalo biogas dibuat minyak kayak apa ya pak….
    bnyk yg belum tahu nih pak sistemnya klo bisa minta jurnalnya…
    makasih pak

  98. beda tetap satu said

    terima kasih untuk artikelnya tapi saya pengen bertanya kita cukup kaya akan minyak tapi kenapa kita kekurangan trus apa alasannya cuma harus kapal yang Kandas di laut, sungai or kali heheheheheheheeee

  99. Aris Yuni P said

    Apakah Glycerol dari proses refinery minyak bumi?

  100. Selamat sore,t0l0ng tampilkan karakteristik minyak tanah,premium,solar,bensin,spirtus,pertamax,avgas,avtur,briket,LPG,LNG serta bahan bakar yang lainnya.sekarang.mungkin itu yang kurang lengkap dari artikel diatas juga sifat fisis ‘N kimia

  101. dhytaa said

    kerrreeeeen….kebetulan aku lagi ngerjain karya tulis tentang bensin..

  102. dhytaa said

    kalo bensin cara ngolahnya termasuk rumit banget nggak sih??
    sebenernya siy gak begitupengen tau..tapi jadi tertarik jugaaaa
    heehehe,,,,
    habisnya karya tulis disuruh minimal 20 halaman..

  103. Abex said

    Artikelnya niat bener…cool… tapi,sekedar masukan aja, skarang pan lagi booming masalah global warming… salah satunya ya karena polutant yang dihsilin dari pemakaian bensin ntu juga pan+solar… sekarang gimana caranya biar kaga begitu or seenggaknya bisa dikurangi getoh… yang gw tau ada beberapa zat additive yang dah dianalisis yang memang nantinya tujuannya ke pengurangan konsentrasi polutan dah nyampe mana tuh ? dan gimana menurut akang teteh semuanya tentang bio-fuel… punten kalo kurang sopan tulisannya

  104. jiro said

    wah keren banget artikelnya………… saya mahasiswa STT Migas balikpapan jurusan pengolahan migas. tapi tolong artikelnya diperjelas sampai menjadi produk jadi seperti bensin, solar minyak tanah dll

  105. Harry said

    “isomer yang parafinik memiliki titik didih dan densitas yang lebih ringan dibandingkan dengan rantai lurusnya.”

    Kang, apa ga kebelibet antara parafinik & rantai lurus?
    Maaf Kang, saya mang berpola otak random.

  106. Dani said

    NUlis tentang bensin tu paling gampang aplgi gw emang kuliah di jurusan Pengolahan Migas (Poltek Akamigas Palembang). Pingin Tau lebih banyak call ja gw.

  107. Hang Ndeso said

    Seneng banget ada orang yang mau bagi bagikan ilmu.
    Mas saya lagi belajar di perminyakan nih, kapan mo nulis tentang analisa analisa minyak ?

  108. @ 106. Dani :

    Akamigas yang di Pusdiklat Sungai Gerong itu ya ? Deket rumah saya dong…. :)
    Angkatan keberapa ?

    Saya semester depan diminta ngajar combustion disana. Mungkin nanti kita akan ketemu di kelas.

  109. @ 108. Hang Ndeso :

    Sejatinya memang saya bikin blog ini untuk nulis tentang QC minyak, tapi saya merasa perlu untuk nulis prolognya dulu, supaya pas interpretasi hasil analisis nantinya lebih mudah dimengerti…
    Sabar yak… :)

  110. monica_Xb said

    om, aq dpt tugas ne dr gru kimiaq.. aq disuruh nyari ttg kegunaan, kerugian, proses trjadiny,sumber,pengolahannya, bagian2nya. Plis ksh ktrangan yg lebih mdh dimengerti, soalny aq msh kls X.. n deadline bgt, eh.. malah buntu. Yah, pliz om..

  111. Veronica said

    Saya jg dpt tugas dr guru kimia ne…
    disuru cari Kegunaan dan komposisi senyawa hidrokarbon dlm bidang pangan, sandang, papan, perdagangan, seni, dan estetika…
    Cara pembuatannya juga…
    Plis jelasin sejelas-jelasnya.. Dgn kt2 yg gmpg dimengerti yah,..
    Deadline ne..
    Mohon bantuannya yah…
    Tolong kirimin jwbnnya ke email saya vro_scorpio30@yahoo.com..
    Makasih…

  112. @ Minoca n Veronica :

    Pan udah pernah saya tulis disini:)

  113. Iyang said

    Ok, kang EGGS, yahud artikelnya.
    nanggapin untuk pak M.Fuad yang dari tim evaluasi minyak bumi Lemigas Dept. ESDM.

    kang EGGS itu jebolan SMAKBO & AKAMIGAS (sekarang STEM & masih dalam naungan Dept. ESDM). AKAMIGAS lebih dikenal didunia dalam hal lulusannya, karena banyak perusahaan perminyakan mempercayakan pendidikan perminyakan untuk para pekerjanya di AKAMIGAS, dan salah satu bahan dasar penulisan beliau itu dari AKAMIGAS yang sudah diakui dunia internasional.

    jadi mengenai cuting point dan dalemannya perminyakan mungkin pak M. Fuad bisa menanyakan langsung ke Cepu tempat kedudukan AKAMIGAS. Di sana ada kilang mini, atau mungkin yang lebih dekat pak Fuad bisa datang ke Pertamina UP-VI Balongan, Indramayu Jabar.

    Bravo ka.

  114. Makasih dah mampir, Yank :)

  115. leon said

    duh…
    makasih banget ni pak Giwangkara…
    saya disuruh cari kegunaan ma komposisi
    senyawa hidrokarbon dlm bidang:
    pangan
    papan
    sandang
    estetika
    seni
    perdagangan

    Thanks banget yaa…
    infonya berguna banget wat kita” anak kelas X SMAK Abdi Siswa…

  116. Sama-sama… :)

  117. dimas said

    kenapa 2,2,4-trimetil-pentana, disebut ISOOKTANA. settahu saya ISOOKTANA itu nama lainnya 2-metil-heptana

  118. dimas said

    bensin super(premix) itu cara memeprolehnya dari minyak bumi dengan apa?bagaimana prosesnya?

  119. Sungguh ilmu yang bermanfaat.. apakah ada artikel yang membahas mengenai end to end proses, dari mulai kegiatan explorasi sampai dengan refeneri ? atau ada alamat email untuk japri ?

  120. OSX said

    thanks ya !!!!!!!!!!!! ;)

  121. ardhie said

    wuah,artikelnye kurang tuhhhh.,udah ade tugas dare guru kimia lagee tentang fungsi+kualitas minyak bumi.,masa’ gak ade seh tentang ne……………..,
    but

    not bad lah.,

    hehehe..,

    jangan marah yeee.,

  122. didiet said

    Kang, makasih ya buat artikelnya.. Saya emang lagi nyari2 artikel ttg oil n gas. Klo bisa tolong diulas tentang proses oil n gas dr awal proses seperti penawaran blok migas dr BP Migas, lalu internal engineering discussion oleh si pemenang tender blok sampe migas itu diambil dr reservoir untuk kemudian diolah dan didistribusikan ke publik. Bisa ga?? Biar lebih jelas proses2nya.
    Tp untuk artikel ini sangat bagus bgt menurut saya.

  123. victor said

    thx yah artikelnya..:D

    aq jadi bisa buat makalah nih buat skul..:D

  124. cecep said

    Om ak mo naya, caranya merubah minyak solar menjadi minyak tanah gimana ya? tolong dijawab ya….

    Nb. Om pernah di cepu ya, keliatanya pernah ketemu tapi dah lama banget

  125. ismy said

    mieZ say
    duhhhh….

    penjelasannya membingungkan euyyy,,,,

    hese teh bahasanya….

  126. M.Fuad said

    Sebelumnya, saya mohon maaf sekiranya tulisan saya ini “sedikit” mengoreksi tulisan pada proses pengolahan minyak bumi ini. Saya ga bermaksud apa2 ini hanyalah sekedar pelurusan ttg data2 yg ada di tulian ini. karena ini forum umum yg mungkin di download siapa saja, penjelasan yg benar ttg ilmu proses kilang menjadi hal mutlak, agar yg mengkopi file ini tidak salah pemahaman.
    Sejauh yg saya pelajari fraksi pemotongan suhu di kilang minyak mengacu sbb:
    -gas 350

    itu saja trims.

  127. nurul said

    persamaan reaksinya mana?????
    sekalian kasi contoh. misalnya aja solar direaksikan dengan air brom. terus dikasi pesamaan reaksinya. key

  128. Nina said

    Thanx banget buat yang ini…

    ngebantu banget buat belajar,,,

  129. vhieya said

    gak nyangka..ternyata sekolah laen d suruh juga nyarii tentang artikel miyak bumi..

    emang bwd apaan sich..

  130. inndrii said

    waahh,, mkch bgd nehh omm, brkat tlsannya sya bs ngerjain tgs dr gruu ..

    cb klo gag adda,, huh, psti grunya dah ngmel2 tuhh,,

    bysa lah gru crewwt.. hhee

  131. amirudin said

    salam kenal, saya adalah salah satu mahasiswa Teknik Perminyakan ITTEK Bojonegoro. Dalam bidang study saya belajar mengenai Teknik Pemboran (Spesialis Drilling Engineer). Sungguh artikel anda ini menambah pengetahuanku. Apa lagi di Bojonegoro akan dibangun kilang minyak, semoga ini menambah pengetahuanku untuk bersaing memperrebutkan peluang kerja. Thank’s

  132. Ita said

    trus dampak pengolahan na apa aja dnx………….? ? ?

    alternatif na gmana….? ?

  133. canggih banget pengolahannya, tapi kok masih saja saham terbesarnya org luar negri. Kalo boleh usul saya:
    1.pakai aja tenaga org luar, lalu kita belajar tentang pengolahan minyak bumi
    2.semoga bermanfaat bagi kita semua.

  134. jessica said

    thx bgt !
    sangat membantu tugas kimia saya..
    hhe..

  135. Eni said

    distilasi,reforming ny dmn ya ???Koq g ad rmus2 kimia yg mnyagkut proses pengolahan minyak buminya ya ???

  136. imel said

    mantab, pak! es cendolnya enak!
    apalagi tambah gula sebaki…!!mantaaab!

  137. Ery said

    hhhh….. to Mr Fuad…
    saya anak SMA yang Baru lulus, dan Baru diajari tentang proses kilang terbesar di Indonesia….
    jikalau temperatur fraksi ringan aja 350 derajat Celsius terus berapa residue minyak bumi?
    terus kalau batasan cracking minyak bumi itu berapa mister?
    malu donk udah 2 kali tapi salah…..

  138. Ery said

    bukan celcius kaliiiii tuuuuuuuuu…. pak Fuad…..
    dapet jabatan ya pake cara apa?

  139. Rian said

    Salam kenal, pagi ini baru saya temukan blog ini, artikel content blog ini baik untuk pembelajaran bagi para pelajar, mahasiswa dan kalangan umum yang baru mengenal seluk beluk dunia perminyakan.
    To Mr.Fuad dari tim evaluasi minyak bumi Lemigas Dept.ESDM? kalau meluruskan data/info yang benar lho! Saya sudah berkecimpung dibidang MIGAS (kerja red)cukup lama dan banyak mengkonsumsi buku yg berkaitan dgn hal tsb. Jika cut range C1-C4 350 derajat C? brp cut range Residue? ini meluruskan atau menyesatkan?

  140. Wrehas said

    Kaw tlah slamat kan hidup kuw
    Dari tugas” yang menggila
    Sankyuu

  141. kutil said

    gimana cara nyari minyak dan gas bumi dalam tanah ??????????????

  142. MH said

    cuman satu komentar gw…..
    ternyata, proses pembuatan minyak itu Rumit………………………………………………………………………………
    sampe cape…^_^
    untungya gw nggak punya impian menjadi pengelolah minyak…. ^_^

  143. andes said

    sekarang gmn cara mencari energi alternatif yang dapat terbarukan????????????????????????????????????????????

  144. nugroho said

    artikel ini juga aku copy ya… makasih

  145. anggoro said

    hoo…

    trus di Indonesia ada ga?

    gw copy buat tugas kimia yah?!

  146. must_zae said

    Mo nanya nich kang, sebenernya SDM indonesia tu dah ada blum yang bisa ngolah Minyak Mentah sendiri, setahu saya ko’ Indonesia tu Minyak mentahnya diEkspor trus beli lagi klo udah jadi..tolong kasih tau jawabannya di mustzae86@gmail.com

    maksih ya kang…

  147. bambang h said

    mengapa SDM akan habis!! tapi kenapa pemerintah bukannya mengghemat tapi malah menghambur-hamburkan!!! jadi gmna solusi buat pembaca agar dapat memahami kondisi SDM kita?

  148. Ayu said

    kk,,,, aq jg punya tugas tentang pemanfaatan senyawa hidrokarbon bidang sandang, pangan, papan, seni, estetika.. Kirimin jg dunkz ke yuphehimura@gmail.com, yah..Thx b4..

  149. yusuf said

    kk,,,, aq jg punya tugas tentang pemanfaatan senyawa hidrokarbon sama dengan ayu mengenai bidang sandang, pangan, papan, seni, estetika.. Kirimin jg dunkz ke yusufSMAGA@yahoo.com, yah..Thx b4..

  150. maida said

    pak makasih ya atas artikelnya. lumayan buat ngerjain tugas kuliah.he

  151. arinie said

    makasiii… infonya…
    dah staun, baru smpt komentar.. he5.
    mo tanya, kl refrensi laen ada g?
    situs2-nya gt..
    yg “.edu”
    kan lumayan buat tambhn refrns tugas akhir..
    cz Q lg buat animasi all about Minyak Bumi.

  152. teofilus said

    aku manu nanya ada gak artkel yang lengkap mengenai limbh minyak bumi, salnya mo buat skripsi nieh.. tolong ya fren,..

  153. some1 said

    bagaimana proses perubahan minyak bumi menjadi minyak tanah??

  154. ricki said

    coba dalam penjelasan mengenai penyulingan minyak bumi bisa lebih detail lagi ga ? karena mungkin bagi orang yang masih belum mengenal kata ” penyulingan minyak bumi” dan dalam penjelasan nya jangan pakai bahasa yang rumit. jujur saja saya kurang mengerti tentang penjelasan anda. dan mungkin bagi anaqk sekolah yang baru mengenal minyak bumi masih asing dalam mengenali materi berikut

    thankkkkkkk …..

  155. ………..nice ….

  156. Anakrimba said

    Mau nanya dong om, Long residu kan ditulisnya komponennya kira2 terdiri dari rantai C40 ke atas?
    Nah kira2 selain itu ada lagi gk komponennya.

    Atau om punya spesifikasi long residu yang pasti? (dari pengalaman misalnya ada uji komponen?)

    trus kan kita di indonesia pake nya ALC ya sebagai feed?
    kira2 komposisi keluar dari kolom CDU nya gimana?
    asumsi kita pake lima aliran keluar CDU, jadinya:

    1. Light Gas ( A %)
    2. Kerosene (B %)
    3. LGO (C %)
    4. HGO (D %)
    5. Long residu (E %)

    Nanya lagi, kira2 kalo pake ALC, yield untuk kerosene, bensin ma LPG berapa ya?

    Makasih om maaf nanyanya kebanyakan,

    balas lewat email juga gk papa kok, :mrgreen:

    —————————-

    trus kan kita di indonesia pake nya ALC ya sebagai feed?

    itu hanya salah satunya, sebab kita juga mengolah minyak bumi yang parafinik dari dalam negeri, naftenik dan mixed crude yang merupakan campuran dari crude aspalten (ALC) dan parafinik.

  157. halim sutrisno said

    kang e.g. giwangkara, apa betul kilang minyak di indonesia hanya bisa mengolah minyak mentah dari timur tengah and tidak bisa mengolah minyak mentah dari indonesia. kalau benar mengapa bisa begitu?

  158. info tersebut betul jika dilihat parsial, yaitu kilang cilacap yang memang di desain untuk minyak mentah dari timur tengah. karena memang produk lain selain bbm yang ingin di produksi adalah pelumas dan aspal yang hanya bagus jika diproduksi dari minyak mentah yang bersifat aspalten dari timur tengah.

    tapi sebetulnya masih ada kilang-kilang lain yang mengolah minyak mentah dari dalam negeri, seperti kilang plaju / palembang, kilang balikpapan n kilang balongan.

    jadi sebetulnya tidak benar jika semua kilang di indonesia hanya bisa mengolah minyak dari timur tengah.

  159. Gamar Ariyanto said

    Bang Giwang….
    bagus sekali…..artikelmu…
    rame tuh bisa mbantu teman-teman dari berbagai level pendidikan bahkan untuk yang sudah kerja kayak aku ini. palagi latar belakangku ilmu sosial. namun karena ada kerja dibidang masalah minyak jadi kebantu deh pemahamanku.
    saluuut…tulis…terus….
    semoga pahalanya bisa menumpuk

    salam
    gamar

  160. Ekasari said

    sakti om satu ini..hehe =D
    kayakny sangat mnguasai semua..
    baca ni artikel om, jadi agak mudeng.. soalnya final projec ku
    tentang kolom fraksinasi.. yg stidaknya aq harus tau proses2 yg terkait..
    sankyuu (39)

  161. joko fajriyanto said

    dari joko di palembang

    ginie mas kenapa gak di jelasi dari proses pertama,CDU gmn brp panas yg di berikan furnace,dan mNggunakan umpan apa untk pemanasan awal sblm masuk furnace &perhitungan neraca masaNy??
    itu gMr HVU & Rfccu unit palembang ya..

    kl lngsg ke perngkhan kan kurang jelas.oya mas secondry proses tu gmn ya?n umpan untk HVU itu dr cdu kn,nah itu umpan dr fraksi ap di CDU,ma jenis katalis ap si yang di gunakan di Rfccu??mas tlg krmi rms perhitungan furnace & condensor donk,& gmn cr ngambil suhu to sempel di kondensor unt meNgghtungnya.kmi mau PKL ni bingung mau ambil materi mana..
    tlg di balas mas disini atau di djoko_fajriyanto@yahoo.co.id
    thanz befour

  162. joko fajriyanto said

    oya mas satu lagi lupa,gimana cara perhitungan tray yg ada di coulum distilat.mengpa harus beberapa tingkatan.

  163. asep said

    ass pak giwang saya lagi bikin alternatip bb minyak saya bikin dari daun bakau minyak,jambe dan bahan lainya yang saya tanyakan apa yang akan membuat bahan miyak jadi bahan bakar sekian terimakasih tolong kirim ke asep_wa@yahoo.co.id

  164. Jessica said

    salam kenal om giwang,, kami disuruh buat tugas tentang dampak pembakaran bahan bakar nih.. Bs ndak tolong kirim balasanny k zi_yao_lin@yahoo.com?? thank’s atas info2ny di atas..^^

  165. artikelnya sangat inpormatif..!!

  166. rahma said

    thanks yaw!tugas q bisa slesai cpat nih!always success

  167. ahticoalu said

    bravo,,

    jangan bosan-bosan utk menulis om giwang, tulisanmu mencerdaskan bangsa ini.

  168. Ekasari said

    Mas.. bisa minta tolong ditambah penjelasan ttg TBP, ASTM, IBP, Flash Point, End Point, Pour Point.. serta hubungan dari kesemua hal tsb..atau mas ada artikel2 yg mbahas detail ttg itu semua??

  169. tomi yudhatama said

    mas giwang tu sopo??

    heee

  170. wahyul said

    aaaaaaaa….gw binggung….

  171. hyposchizzer said

    ngelmu….angel sadurunge ketemu… :D
    heheh…ilmu yang keren pak:)
    keep it up…:D
    sayah tertarik banget dengan permainan kata2 nya:P
    *andai saiah seorang chemistry engineer…:(

  172. mo tanya, cara detailnya mengenai pengendalian proses distilasi dari flow, tekana, dan suhu, trus apa variabel yang bisa mengganggu dalam proses distilasi?

  173. pringgo said

    mas mas diatas, ada yg bisa bantu kirim file tentang catalytic cracking / yg berhubungan dgn proses pengolahan minyak, kl ada lengkap dengan gambar. Thanks
    R.pringgo@gmail.com

  174. Lya said

    wah, topiknya menarik nih
    mau donk ngebahas soal FPSO dan segala fasilitas proses pengolahannya..
    thanks.

  175. chemist_man said

    salam kimia….hehehehe
    mas..aq pengen ngajuin penelitian tentang penggunaan nanopartikel untuk meningkatkan bilangan oktan pada bensin, teknologinya saya yakin belum ada di Indonesia, karena di Indonesia kemungkinan yang mulai meneliti nanomaterial tersebut cuma segelintir orang, termasuk saya waktu skripsi kemarin..hehehehe..
    nah, tiba ke pertanyaannya ni..
    1. dimana saya bisa memasukkan gagasan saya???ke pertamina bisa ga ya??
    2. saya masih bingung untuk mencari metode analisis bilangan oktan, bagaimana metodenya dan dimana tempat yang menyediakan jasa analisis bilangan oktan???
    tolong kirimin ke email saya ya mas…
    sebelumnya makasih banget..

  176. Orang Pinter said

    Terima kasih anjing

  177. grata said

    oi………ada yang tau malam itu apa????????????????????????

    cara analisis trus komposisi ma kegunaane……

    tlg send ke grata07@gmail.com ato piton_cakep@yahoo.com

    Thanks ya…………^^

  178. nickafdhal said

    wah informatif sekali blogya…
    salam kenal dari saya..

  179. ayumi said

    tolong informasikan dimana mencari bahan baca tentang minyak solar…
    ke e-mail ayumi_dezan@yahoo.com

  180. iim said

    Mau nanya ne, siapa saja tolong bantu saya.
    Injeksi steam di kolom destilasi dengan open steam atau closed steam???????

  181. yudi said

    makasih om…
    bantu buat tugas nih, ijin copas ya

  182. [...] Proses Pengolahan Minyak Bumi, 2.  Komposisi Minyak Bumi I, 3.  Komposisi Minyak Bumi II dan 4.  Peta proses petrokimia [...]

  183. agos_pertaMINII said

    apa saya campuran supaya kandungan yang berat itu menjadi riingan ????? atau yang lebih tepatnya merubah bensih menjadi minyak lampu???????

  184. Joko said

    Thank’s u smga brmanfaat bg yg mbcanya ea,,tlng artikel diatas krmke almt fb q ea,mksh

  185. yudi said

    Kang,saya lebih tertarik kepada alat prosesnya,boleh saya dapat refrensinya?kalau ada bisa dikirim email ke hazard_thesun@yahoo.co.id

  186. Rama Pratama said

    Akang-akang mau nanya kalo daerah penyulingan minyak bumi yang ada di Indonesia dimana aja ?
    Reply .. hatur nuhun

  187. Zaky said

    Salam kenal Kang, terima kasih atas informasinya. Wawasan sy jadi lebih bertambah.
    Sy mau tanya kang, kalau boleh, Thermal Decomposition/Cracking Crude itu apa ya…? Sy pernah baca, jika temperatur flash zone terlalu tinggi maka dapat menyebabkan hal itu. Hatur nuhun.

  188. darianto said

    Mas givan……tlg kasih alamat temenya mas yg bisa manufacture alat tersebut, ditempat saya sdh banyak masyarakat yang ngolah minyak mentah dgn cara tradisional dan selalu mengalami kecelakaan. tlg kabari ke darianto0226@yahoo.co.id

  189. yudha@@@@@@@@@@ said

    apa aku pedulihhhhhhhhhhh ttnG MINYAXXXXXXX

    Hahahahahahahahahahahahahha

  190. motor injeksi yamaha said

    First off I would like to say fantastic blog! I had a quick
    question which I’d like to ask if you don’t mind.
    I was curious to know how you center yourself and clear your mind prior to writing.
    I have had a hard time clearing my mind in getting my thoughts
    out. I do enjoy writing however it just seems like the first
    10 to 15 minutes are wasted simply just trying
    to figure out how to begin. Any suggestions or hints?
    Thank you!

  191. Hi, Neat post. There’s a problem along with your site in internet explorer, might test this? IE still is the market leader and a good component of people will omit your great writing because of this problem.

  192. Hello just wanted to give you a quick heads up. The words in your post seem to be running off the screen in
    Opera. I’m not sure if this is a formatting issue or something to do with web browser compatibility but I figured I’d post to let you know.
    The layout look great though! Hope you get the issue fixed soon.
    Kudos

  193. It’s actually very complicated in this active life to listen news on TV, so I simply use internet for that purpose, and obtain the newest news.

  194. ZULFIKAR said

    TERIMA KASIH ATAS INFORMASINYA

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: