NgélMu – aNgél sadurungé keteMu

Kegunaan Hidrokarbon Dalam Kehidupan Sehari-hari

Posted by EG Giwangkara S pada Rabu, 23 Mei 2007

Peta proses petrokimiaHalah… akhirnya saya nyerah juga…. :D

Belakangan ini saya dapet banyak permintaan serupa baik yang ditulis di komentar beberapa artikel disini maupun yang langsung lewat email / japri, yaitu tentang Kegunaan Hidrokarbon di Bidang Sandang, Pangan, Papan, Seni dan Estetika.

Saya sedikit heran, kenapa kok bisa timbul banyak permintaan yang sama dalam waktu yang hampir bersamaan. Saya pikir mungkin karena di kurikulum SMU memang sudah waktunya untuk diberikan tugas tersebut ke siswa. Setelah saya googling mencari kurikulum / silabus mengguanakan kata kunci kegunaan hidrokarbon ternyata benar, saya dapet silabus lengkap disini. Saya pikir silabus ini akan saya perlukan untuk jadi acuan topik yang akan saya tulis nantinya di persembahanku ini (atau blogger lainnya yang mungkin aware dengan edukasi teruna/teruni), makanya kemudian silabus tersebut saya back-up disini.

Sebelumnya saya minta maaf karena saya agak lambat memenuhi permintaan adik-adik tentang subjek tersebut diatas. Ini bukan tidak sengaja, tapi emang disengaja…

Yee….. emang napa, Kang ? :(

Sengaja saya lambatkan supaya adik-adik bisa fight dulu, sampai dimana usaha yang sudah adik-adik lakukan. Jangan sampai kejadiannya seperti tulisan saya disini. Dan saya suka adik-adik sudah mau usaha untuk mencari tau sampai ada yang hampir semalaman chatting di YM dan SMS dengan saya.

Well… jadi gini penjelasannya…

Untuk permintaan adik-adik ada dua hal yang berbeda :

Untuk urusan Sandang, Papan, Seni dan Estetika kita bisa berbicara tentang hidrokarbon. Tapi ketika sudah bicara pangan maka yang akan kita bicarakan adalah karbohidrat. Memang didalamnya masih ada hidrokarbonnya, tapi dengan tambahan oksigen didalam molekulnya. Lagipula selama ini yang saya tahu rasanya belum ada sumber pangan yang berasal dari hidrokarbon atau minyak bumi.. :p

So, sekarang mari kita ngobrol tentang hidrokarbon dulu. :)

Tapi supaya mudah mengertinya saya minta adik-adik baca dulu tulisan saya tentang :

1.  Proses Pengolahan Minyak Bumi,
2.  Komposisi Minyak Bumi I,
3.  Komposisi Minyak Bumi II dan
4.  Peta proses petrokimia seperti gambar diatas, sebab

saya tidak akan menjelaskan dari awal lagi, tapi langsung ke topik.

SANDANG

Dari bahan hidrokarbon yang bisa dimanfaatkan untuk sandang adalah PTA (purified terephthalic acid) yang dibuat dari para-xylene dimana bahan dasarnya adalah kerosin (minyak tanah). Dari Kerosin ini semua bahannya dibentuk menjadi senyawa aromat, yaitu para-xylene. Rumus kimianya tau kan ? Bentuknya senyawa benzen (C6H6), tetapi ada dua gugus metil pada atom C1 dan C3 dari molekul benzen tersebut.

Peta Petrokimia

Para-xylene ini kemudian dioksidasi menggunakan udara menjadi PTA (lihat peta proses petrokimia diatas). Nah dari PTA yang berbentuk seperti tepung detergen ini kemudian direaksikan dengan metanol menjadi serat poliester. Serat poli ester inilah yang menjadi benang sintetis yang bentuknya seperti benang. Hampir semua pakaian seragam yang adik-adik pakai mungkin terbuat dari poliester. Untuk memudahkan pengenalannya bisa dilihat dari harganya. Harga pakaian yang terbuat dari benang sintetis poliester biasanya relatif lebih murah dibandingkan pakaian yang terbuat dari bahan dasar katun, sutra atau serat alam lainnya.

Proses pembuatan polyester

Kehalusan bahan yang terbuat dari serat poliester dipengaruhi oleh zat penambah (aditif) dalam proses pembuatan benang (saat mereaksikan PTA dengan metanol). Salah satu produsen PTA di Indonesia adalah di Pertamina Unit Pengolahan III dengan jenis produk dan peruntukannya disini.

Sebetulnya ada polimer lain yang juga dibunakan untuk pembuatan serat sintetis yang lebih halus atau lembut lagi. Misal serat untuk bahan isi pembalut wanita. Polimer tersebut terbuat dari polietilen.

PAPAN

Genteng PlastikBahan bangunan yang berasal dari hidrokarbon pada umumnya berupa plastik. Bahan dasar plastik hampir sama dengan LPG, yaitu polimer dari propilena, yaitu senyawa olefin / alkena dari rantai karbon C3. Dari bahan plastik inilah kemudian jadi macam2… mulai dari atap rumah (genteng plastik), furniture, peralatan interior rumah, bemper mobil, meja, kursi, piring, dll. Pokoknya untuk jenisnya silahkan sebutkan sendiri… banyak kok… pokoknya cari aja dalam rumah yang berbahan dasar plastik deh.

Salah satu produsen bahan baku barang plastik di Indonesia adalah di Pertamina Unit Pengolahan III Palembang tempat saya kerja dengan jenis produk yang bermacam-macam.

SENI

Cat minyakUntuk urusan seni, terutama seni lukis, peranan utama hidrokarbon ada pada tinta / cat minyak dan pelarutnya. Mungkin adik-adik mengenal thinner yang biasa digunakan untuk mengencerkan cat. Sementar untuk urusan seni patung banyak patung yang berbahan dasar dari plastik atau piala, dll….

Hidrokarbon yang digunakan untuk pelarut cat terbuat dari Low Aromatic White Spirit atau LAWS mmerupakan pelarut yang dihasilkan dari Kilang PERTAMINA di Plaju dengan rentang titik didih antara 145o C — 195o C. Senyawa hidrokarbonyang membentuk pelarut LAWS merupakan campuran dari parafin, sikloparafin, dan hidrokarbon aromatik. Untuk daftar pelarut lebih lengkap dan kegunaannya bisa dilihat disini.

 

ESTETIKA

LipstikSebetulnya seni juga sudah mencakup estetika. Tapi mungkin lebih luas lagi dengan penambahan kosmetika. Jadi bahan hidrokarbon yang juga digunakan untuk estetika kosmetik adalah lilin. Misal lipstik, waxing (pencabutan bulu kaki menggunakan lilin) atau bahan pencampur kosmetik lainnya, farmasi atau semir sepatu. Tentunya lilin untuk keperluan kosmetik spesifikasinya ketat sekali.

Lilin parafin di Indonesia diproduksi oleh Kilang PERTAMINA UP- V Balikpapan melalui proses filtering press. Kualifikasi mutu lilin PERTAMINA berdasarkan kualitas yang berhubungan dengan titik leleh, warna dan kandungan minyaknya. Jenis lilin dan peruntukannya secara lebih luas ada disini.

PANGAN

Nah, seperti saya sebutkan diatas, jika sudah berbicara pangan maka bahasannya bukan hidrokarbon murni lagi, tapi sedikit lebih luas, yaitu karbohidrat. Adik-adik tau kan jenis-jenis karbohidrat ? … Harus tau… sebab saya tidak akan bicara jenisnya lagi.

Satu molekul glukosa / dekstrosa / monosakaridaKarbohidrat atau sakarida adalah segolongan besar senyawa organik yang tersusun dari atom karbon, hidrogen, dan oksigen. Bentuk molekul karbohidrat paling sederhana terdiri dari satu molekul gula sederhana. Kalau atom karbon dinotasikan sebagai bola berwarna hitam, okeigen berwarna merah dan hidrogen berwarna putih maka bentuk molekul tiga dimensi dari glukosa akan seperti gambar disamping ini. Banyak karbohidrat yang merupakan polimer yang tersusun dari molekul gula yang terangkai menjadi rantai yang panjang serta bercabang-cabang.

Karbohidrat merupakan bahan makanan penting dan sumber tenaga yang terdapat dalam tumbuhan dan daging hewan. Selain itu, karbohidrat juga menjadi komponen struktur penting pada makhluk hidup dalam bentuk serat (fiber), seperti selulosa, pektin, serta lignin.

Karbohidrat menyediakan kebutuhan dasar yang diperlukan tubuh. Tubuh menggunakan karbohidrat seperti layaknya mesin mobil menggunakan bensin. Glukosa, karbohidrat yang paling sederhana mengalir dalam aliran darah sehingga tersedia bagi seluruh sel tubuh. Sel-sel tubuh tersebut menyerap glukosa. Gula ini kemudian oleh sel dioksidasi (dibakar) dengan bantuan oksigen yang kita hirup menjadi energi dan gas CO2 dalam bentuk respirasi / pernafasan. Energi yang dihasilkan dan tidak digunakan akan disimpan dibawah jaringan kulit dalam bentuk lemak.

Reaksi pembakaran gula dalam tubuh :

C6H12O6 (gula) + 6O2 (udara yang dihirup) —- >
Energi + 6CO2 (udara yang dikeluarkan) + 6H2O (keringat atau air seni).

Segitu aja dulu… mudah2an cukup membantu…

Selamat belajar……

Sumber :

  1. Proses pembuatan serat poliester : http://www.swicofil.com/pes.html
  2. Cat minyak : http://www.kathleenwaterloo.com/encaustic.html
  3. Lipstik : http://www.ouithreequeens.com/welcome.html
  4. Molekul Glukosa : http://library.advanced.org/11226/main/s03.htm
  5. Monomer Lignin : http://ocean.fsu.edu/faculty/dittmar/dittmarmethods.html
About these ads

63 Tanggapan to “Kegunaan Hidrokarbon Dalam Kehidupan Sehari-hari”

  1. muning_ghalaZ x-4 said

    makasih yach!

    brkat ini aku jd bs ngerjain tgas yg dkasih guru aku

    makacih

  2. arul said

    ahli kimia nih….. :)

  3. muning_ghalaZ x-4 :

    sukur deh.. :)

  4. arul :

    sapa tea nih ?

  5. Gede Mariasa said

    Sip banget bung gewangkara! Penyajian keilmuwannya sangat mendidik. Sangat berguna buat adik2 kita yang masih sekolah dan juga rekan2 yang sudah bergelut di Petrochemical/Hydrocarbon.

    Bila ndak keberatan mungkin bisa dilengkapi dengan basic principle Laboratory yang lain, misalnya: GC, Knock Engine, TN/TS, Sulfur Analyzer dll.

    Thank’s banget.

  6. Gede Mariasa :

    terimakasih, pak… :)
    rencananya sih memang akan kesana juga..

  7. ABe said

    Bikin ulasan tentang Ferrocene dong..berhubung aku bukan ahli kimia, jadi mau tulis tentang itu ga jadi-jadi. Poin: apa ada dampak lingkungan dan kesehatan atas penggunaan ferrocene sebagai bahan aditif pada BBM. Thx :)

  8. belum banyak explore disini ya ?
    topik yang anda maksud sudah pernah dimuat disini.

    coba explore lebih jauh, mungkin ada artikel lain yang ingin anda tanyakan tapi sudah pernah dimuat disini…. :)

  9. dian said

    kurang lengkap belumada komposisinya

  10. dian :

    coba gunakan fesilitas pencarian di atas dg kata kunci “komposisi”

  11. makasih yah……………

    jadi gampang ngerjain tugas…….

    muga2 tetep sukses ajah…

  12. sacredavalon said

    wah…artikel yang komplit dan bermanfaat. salut.

  13. mas agus said

    boleh nambahin aplikasi minyak bumi di kehidupan sehari-hari, tentunya selain bahan bakar:
    Setelah proses cracking dan proses lainnya, banyak didapat bahan2 monomer, misalnya ethylene, propylene, butadiene, styrene, paraxylene, yang kemudian bisa diolah lanjut menjadi bahan intermediate seperti Ethylene DiChloride/EDC, Vinyl Chloride Monomer/VCM, dll.
    beberapa contoh industri kimia polimer:
    Ethylene-(Khlorinasi)-Ethylene DiChloride/EDC-(Thermal Cracking)-Vinyl Chloride Monomer/VCM-(Polimerisasi)-Poly Vinyl Chloride/PVC, digunakan untuk pipa PVC, konveksi, dashboard dll.
    Ethylene-(polimerisasi)-High and Low Density Polyethylene/HDPE and LDPE, digunakan sebagai bahan plastik lembaran, botol plastik dll
    Propylene-(polimerisasi)-Polypropylene, digunakan sebagai botol plastik dll
    Styerene-(polimerisasi)-Polystyrene, bahan pembuat styrofoam untuk wadah makanan dll.
    Styrene+butadiene-(Co-polymerisasi)-Styrene Butadiene Rubber/ SBR, biasa disebut synthethic rubber, pengganti karet alam untuk pembuatan ban, dengan proses yang sama dengan aditif yang berbeda menjadi Synthethic Latex untuk berbagai keperluan seperti paper coating, binding, cat emulsi, carpet backing dll.
    Polyethylene+Purified Terephtalic Acid/PTA-(esterifikasi plus polimerisasi)-Poly Ethylene Terephtalic/PET, bahan pembuat botol air minum dalam kemasan (aqua dll)
    dan masih banyak lagi polimer2 lain yang umum digunakan.
    Selain polimer tentu masih banyak lagi, methanol dan ethanol misalnya jauh murah (artinya lebih cepat dan kapasitas yang sangat besar), bila diproses dari hasil2 minyak bumi, makanya sekarang untuk membedakan alkohol dari sintesa minyak bumi dengan alkohol hasil fermentasi, ditambahkan kata “bio” didepan nama alkohol yang berasal dari hasil fermentasi (mis: bioethanol).
    agak melenceng, untuk pupuk urea juga dibuat dari gas alam/natural gas terutama methane, prosesnya natural gas-(steam reformer)- campuran gas CO+H2-(separasi)- CO-(oksidasi)-CO2 (direaksikan dengan gas ammonia NH3-reaksi Bosch-Meiser)-Ammonium carbamate (H2N-COO-NH4) – Urea CO(NH2)2 + H2O,
    Ammonia didapat dari reaksi N2 + 3H2 2NH3, H2 didapat dari hasil steam reforming dan N2 didapat dari udara.
    tambahan lagi, banyak juga ester2 sintetis yang juga merupakan turunan minyak bumi, seperti ethyl asetat, propyl asetat, n-butyl acetate, i-butyl acetate dll yang digunakan sebagi solvent di dunia industri (textile dll).
    Solvent-solvent lain sperti aceton, petroleum ether, benzene juga merupakan produk turunan minyak bumi.
    Asam asetat/cuka yang digunakan dalam proses pembuatan PTA juga merupakan produk turunan minyak bumi.
    semoga bisa bermanfaat..

  14. mas agus said

    oh ya nambahin lagi, hidrokarbon yang digunakan dalam industri pangan banyak juga loh, tetapi bisa dikelompokkan dalam dua jenis, yaitu sebagai kemasan dan aditif.
    1. Kemasan, kayaknya ga perlu dijelasin lagi, hampir semua kemasan makanan menggunakan plastik, contoh umum adalah produk air mineral dan yang sejenisnya.
    2. sebagai bahan aditif, masih ingat kenapa berbagai minuman dalam kemasan kemarin harus ditarik?? ya, betul karena tidak mencantumkan bahan pengawet yang ditambahkan. Bahan pengawet makanan memang dibuat dari produk turunan minyak bumi, antara lain asam benzoat dan garamnya (sodium ataupun potassium) yang digunakan sebagai pengawet jus, saus tomat, saus sambel, jelly, selai dll. pengawet yang lain adalah BHA (Butylated hydroxyanisole) dan BHT (Butylated hydroxytoluene). Bahan aditif lainnya yaitu pemanis sintetis seperti aspartame, pewarna makanan (brilliant blue, indigotine blue, Tartrazine yellow, Red#3/erithrosine, Allura Red, Sunset yellow dll)

    o ya sumbernya di: www dot cylive dot com (untuk bahan aditif dan preservative)

  15. well, buat mas agus makasih banget tambahan informasinya :)
    saya sendiri jadi dapet pencerahan nih tentang petrokimia.

  16. mas agus said

    kebetulan saja saya ini bekerja di salah satu industri kimia di kota cilegon banten, jadi ngerti sedikit tentang industri petrokimia. :)
    sebenarnya kalo mau browsing, banyak kok, bahkan di wikipedia juga sangat lengkap dan detil, mulai dari history, proses pembuatannya, reaksi kimianya, dan penggunaannya.

  17. RICHARD Gha-Laz X-8 said

    Thanks Bgt Nih….
    tugas Jadi Selesai Dengan Cepat Dan Mudah…….

  18. RICHARD Gha-Laz X-8 said

    Makasih yah………
    Tugas Pun Jadi sElesai dengan Cepat Dan MUDAH

  19. arigato gozaimasu………

    karena u, paper yang ditugasin guru kimia kita ( terutama nak gha las) bisa selesai. yah…, walaupun sama semua isinya

  20. situs ini sangat berguna bagi hamba .
    karena saya sangat kurang paham tentang ipa .
    . dan selalu remed .

    tapi setelah baca situs ini , waaaaa !!! hebaaaaaaaat !! , nilai saya secara AJAIB nilai saya TURUN drastis .

    thanks for everythink yaaa .

    love youuu coy !!

    piss lope en gaul mann !!

  21. Sekedar koreksi atau menambahkan, sepengetahuan saya untuk pembuatan Poliester (kebetulan dulu saya pernah kerja di pabrik yang memproduksi poliester), PTA direaksikan dengan Ethylen Glikol, bukan methanol. Memang sih sama-sama alkohol nya. Bisa jadi pada awalnya, memang menggunakan Methanol, tapi mungkin alternatif atau teknologi terkininya memanfaatkan Ethylen Glikol. Semoga bisa membantu dan melengkapi situs yang sudah bagus ini. Salut to Kang Eka :-))

  22. tya said

    aq pengen nambahin tentang penggunaan senyawa hidrokarbon di bidang pangan. klo menurutq karbohidrat bukan tergolong dalam senyawa hidrokarbon, cz pengertian senyawa hidrokarbon adalah senyawa yang hanya terdiri dari atom karbon dan hidrogen, sedangkan dalam karbohidrat terdapat atom oksigennya meskipun jumlah atom C dan H-nya lebih banyak. di dalam buku kandungan organik tingkat tinggi, banyak saya temukan senyawa alkena di dalam tumbuhan. misalnya, limonena dan mirsena yang terdapat pada buah lemon dan jeruk. kedua senyawa tersebut banyak dikomersilkan karena baumya yang khas. pada jahe terdapat senyawa zingerribene. coba teman-teman cari kandungan kimia pada obat-obat tradisional banyak senyawa alkena terkandung di dalamnya, terutama senyawa terpena, mulai dari diterpena, sesquiterpena, tetraperpena. Smoga bisa melengkapi informasi situs yang bagus ini.

  23. han said

    eh air pemecahan jadi hidrogen dan o2 apa dah mudah teknologinya…?
    こんにちはお元気ですか?私の名前はirvan …日本の話をしていただけます

  24. poetry mj said

    tolong donk kasih informasi detail mekanisme reaksi polimerisasi pembentukan HDPE dengan katalis chromium oxide suport silica dengan komonomer butene-1. penting nih. tengs ya…

  25. dexz said

    mas,,,

    bisa kasi tau
    pembuatan lilin gak,,,

    trus sama bahan2nya,
    tapi selain dari minyak bumi,,

    makasih,,,

  26. dvnm said

    kampret kau bukan itu yg den cari panteks

  27. weni said

    Wah,,

    Ternyata hebat banget yah situs ini,
    kebetulan saya juga ada tugas dari kampus nihh..
    Berhubung ga punya background kimia jadi lumayan sulit dimengeti,
    tugasnya :
    BAHAYA STYROFOAM TERHADAP PEMBANGUNAN BERKELANJUTAN
    diminta juga proses dan rumus kimianya (polystyrene), dst..
    Mudah2an bisa dibantu yah…
    Soalnya pengumpulan 2 hari lagi kang…
    Trims

  28. @ 23. Han :
    elektrolisis…

    @ 24. Poetry Mj :
    belum sampe kesana sist. :)

    @ 25. Dexz :
    damar, bee…

    @ 26. Dvnm :
    nice words for an educated species.

    @ 27. Weni :
    bisa dicari di wiki, msds ato googling dengan kata kunci “styrofoam”.

  29. ---Cell--- said

    thx infonya.
    guna banget wat anak klas 10 SMAK Abdi Siswa^^

    makasih pak….

  30. Heinrick said

    halah2 anak absis juga ^^^^ gw heinrick, jiakakka.. neh spa??

  31. mchee said

    mkacii iia.!

    brkat nii , ak bisa ng.jain tgs iank d.kcii guru.qw.

  32. rizky prananda said

    ini baru blog yang berguna…..
    thnks yah..

  33. PIPIT said

    sangat berguna

    untk tugas kimia ank X sma10 Palembang

    khuzusnya ank X.4

    trimakasih

  34. Pepsodent said

    mas…. li9nknya udah basi tuh…..

    ngerjain tugas tersendat…. wekekekek

  35. Emonk said

    minta artikel tentang kegunaan senyawa-senyawa hidrokarbon pada makanan

    tolong di kirim ato ditulis
    thank

  36. DeEaMonD said

    Aqu butuh lebih detail tentang kegunaan hidrokarbon di bidang pangan,.
    Jadi kalaw contoh hidrokarbon di bidang pangan tuh karbohidrat? Ada yg lain yg termasuk hidrokarbon jg ga slain karbohidrat?
    Aqu belum ngertiiiii,,

    pliiiisss,,

    Tengkyuuu,,

  37. febrina said

    tolongin saya dong,,

    saya ada tgs kimia tentng benzena..
    tolong jelasin tentang benzena dan kegunaannya ya…

  38. jessica said

    haduh, pak..
    terima kasih bgt yah..
    sangat membantu saya dalam pengerjaan tugas kimia sekolah..
    trima kasih sekali lagi..

  39. Ilham said

    Boleh jg, lumayan pinter jg lu :P

  40. alvans said

    berguna abissss ne….
    pas bgd ge butuh…
    thx alot yaa….

  41. anggi said

    ehehehehehe tengs om

  42. Febita said

    Thankz bgd iia,,
    NgEBAnTU BGD BwT ngeRjaEn tgaZ kImia,,
    Thx
    Klo bZ lbiH bnYk lgi iia..^^

  43. archangel said

    Huhu…
    toek smua nak ghalaz yg nyasar ke situs neee….

    met ngerjain tugas yeeee… smangat…

  44. archangel said

    oy… mpe lupa.. atur nuhun nya kang infonya sangaddd berguna… ;-)

  45. mAwaR said

    thanKs bGt ,, kRna gUe bS nyeLEsaiin tugAS kimiA gue dnGAn semPurna ……….

    thX bGt ,,,

  46. muthi said

    makasi yaa kak.. info ny lengkap banget.. tengkyo *

  47. arcute said

    infonya ditambah lagi yaa…biar makin lengkap

  48. arcute said

    infonya dilengkapi lagi yaa…biar makin komplit

  49. kenapa bung kok gak di jelaskan aja secara terinci biar lebih jelas gt loch!!!!

    kan gak bikin susah bagi kami yang penggemar kimia

    tanks atas perhatiannya

  50. Black ID said

    mau nanya mau nanya,…

    propilena koq baru denger ya??

    golongan apa?
    alkil? atau alkena?

    mav, penasaran,..

  51. A.Riyan said

    Dengan adanya situs ini dan sangat membantu saya yang cinta banget ma KIMIA akan tetapi saya tidak pernah sekolah,mohon agar di perbanyak Artikel Aplikasi Kimianya ya………..?.thks

  52. makasih ya..

  53. arema said

    minta artikelnya ya…bwt tugas skul.
    thx…

  54. laksono said

    MAS SAYA MINTA TOLONG DITULISKAN REAKSI KIMIA DARI PEMBUATAN BIJIH PLASTIK SAMPAI KE PALSTIK FILM& AND MENGAPA ALAT ALAT SAYA BANYAK YANG KENA KERAK KARENA AIR SAYA BANYAK MENGANDUNG ZAT BESI

  55. chika said

    trima kasih yah . . :)

    berkat kamu aku bisa menyelesaikan tugas ku . . :)

    skali lagi thankz . . :)

  56. evin said

    mksh yaaa

  57. Fafa said

    mohon informasi, adakah reaktor atau alat pemanas minyak dengan suhu 300C kira2 pakai alat apa? Thankzzzzzz

  58. ahmad sharul said

    tugas terus peah palak!!/

  59. makasih atas datanya,berkat data ini tugas kami menjadi ringan…..

  60. @Evilnyu_10121 said

    Makasih :)

  61. supitri pebriari said

    trims..
    ini psti bkal berguna bnget bwt melengkapi tuas saya..:)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: