NgélMu – aNgél sadurungé keteMu

Stop Impor CFC & Metil Bromida per 1 Januari 2008

Posted by EG Giwangkara S pada Jumat, 28 Desember 2007

Lubang OzonBarusan liat iklan layanan masyarakat di TV tentang sosialisasi KLH tentang penghentian import CFC untuk refrigeran (bahan pendingin ruangan) & propellant (bahan pendorong untuk spray) dan penghentian import metil bromida untuk pergudangan tmt 1 januari 2008 cukup menarik buat saya.

Pada iklan layanan masyarakat tersebut tidak menyebutkan penghentian penggunaan CFC dan metil bromida. Nampaknya Pemerintah memang menunjukkan sikap kooperatif terhadap industri yang masih menggunakan kedua bahan tersebut. Suatu hal yang positif, karena kebijakan tersebut menghasilkan win-win solution. Jadi nampaknya nantinya kedua bahan perusak ozon yang ada di Indonesia akan dibiarkan habis dan secara bertahap pasar diharapkan mulai beralih ke bahan-bahan non-CFC.

Yang bikin menarik adalah moment tersebut dapat digunakan untuk lebih gencar lagi melakukan penetrasi refrigerant maupun propellant non-CFC yang memang sudah diproduksi di Indonesia ke pasar. Dengan demikian, selain akan menumbuhkan industri bahan non-CFC di tanah air juga akan pada penggunaannya akan lebih ramah terhadap lapisan ozon kita.

Semoga…. 🙂

Artikel Terkait :

Sumber Foto :

7 Tanggapan to “Stop Impor CFC & Metil Bromida per 1 Januari 2008”

  1. johan said

    salam kenal, saya tertarik dengan apa yang dibicarakan ttg komposisi minyak bumi edisi 2007.
    mas, kalo bisa prosesnya lebih detil dan sekalian bagaiman instrumentasinya

  2. waduh…. kalau instrumentasi prosesnya saya ga ngerti… 😦

  3. Rudi said

    waduuhh….
    di blog ini bayak kata2 yang gak saya ngerti (metil bromida)…
    ya wessss….salam kenal aja dulu deh 🙂

  4. shanti said

    lhooo pak..

    yang sy tau bukannya produk2 kulkas and botol2 spray udah ga ada yang pake CFC…? setau sy, sbg emak2 yg suka shopping n window shopping, di psr swalayan kyknya udah ga ada deh produk yg pake CFC lg…semuanya udah NON CFC katanya… ato mungkin msh ada produsen2 yg nakal ya..?

    anyway, sbg pembeli yg cerdas emang shrsnya kita melihat isi kemasan produk yg mau kita beli dulu…
    ga kebayang deh klo lapisan ozon benar2 hilang dr atmosfir kita… mudah2an anak n keturunan kita bs lbh pintar n lbh menyayangi lingkungan… betuulll ga bpk2…? 🙂

  5. Iya sih Shan, untuk produk rumahan seperti kulkas atau spray udah banyak yang pake Non CFC. Tapi untuk mesin pendingin ruangan, baik di kendaraan maupun gedung masih banyak yang pake CFC dan keluarganya.

  6. asyae said

    nice artikel mas! saya baru tau lho..thanks 🙂

  7. Erland said

    Usul nich….bisa ndak tulisan ttg perihal tersebut diatas jadi bagian dari Pendidikan Lingkungan Hidup…..???

    salam….

Tinggalkan komentar