NgélMu – aNgél sadurungé keteMu

Tip n Trik Advanced Googling

Posted by EG Giwangkara S pada Sabtu, 16 April 2011

Punten baru sempet sekarang sharing soal tips n trik googling.
Tapi sebelumnya saya pengen curhat dulu….

Saya pernah ngerasa jengkel sama beberapa member di suatu milis yang kebetulan saya jadi mod juga disitu. Gimana nggak, postingan mereka berasa naif banget. Padahal dari nama milisnya aja sudah menggambarkan bahwa penghuninya well educated, tapi sayang postingannya banyak yang jauh banget dari netiket (etika ber-internet).

Emang sih hampir di semua milis selalu ada bad habbit seperti ini, tapi di milis itu betul-betul jauh diluar ekspektasi saya. “Kesalahan” yang terjadi di milis itu sama dengan yang terjadi di milis lain, yaitu :

* posting email ga nyambung dengan subject
* isi email ga jelas maksud/maunya apa
* atau subject-nya kelewat sederhana sehingga tidak menggambarkan isi email.
contoh : “tolong dong..“, “tanya…“, “mohon pencerahan.. “, dll


Mbokya emailnya pake prolog dikit, jadi orang yg bacanya bisa punya gambaran kira-kira apa yang dimaksud. Padahal tidak semua orang punya waktu untuk buka email satu persatu. Misal saya mengikuti milis migas, pertamina, beasiswa, kimia industri, kimia indonesia, geokimia, biodiesel, kpli, smakbo, yang total email masuk dari semua milis tersebut setiap harinya ± 500 email. Jadi, paling buka email yg subjectnya manarik, meskipun kadang isinya ga jelas.

Berikut adalah contoh-contoh posting yang naif n nganyelke… :

  • tolong dong cariin jurnal penelitian atau makalah kimia yang menggunakan spektrofotometer. skalian ya dengan literaturnya. terima kasih sebelumnya.
  • minta tolong carikan tentang kation perak, raksa, timbal, cadmium, bismuth, tembaga, timah, arsen, mangan, nikel, cobalt, aluminium, stibico dan stanno.

Enak banget… lha emang dia itu siapa ? trus dianya ngapain ? apa yang sudah/akan dia lakukan ?
Padahal dengan googling dia sudah bisa dapet ribuan artikel yang dia cari.

  • Saya mau tanya nih tentang cara mencari data banyaknya Unsur N,S,P pada suatu senyawa secara kualitatif dan kuantitatif atau situs resminya . Jadi bagi teman-teman group yang tahu jawabannya,tolong diberi tahu melalui group ini atw e-mail di atas…… Kalau bisa harap segera dikirim jawabannya secepatnya, kalau bisa hari minggu ini.

Ini lagi…. udah minta tolong, pake persyaratan eh ditambah minta cepet juga… trus dianya ngapain ?

  • dear,all…. rekan-rekan milis sya minta tolong informasi mengenai ukuran molekul benzena dan fenol dan kalau bisa referensina juga.

Yang ini ga jelas apa maunya. Ukuran apa ? massa ? volume ? elektronegatifitas ? atau apa ?

  • mohon informasinya tentang ‘model molekul’ yaa.. terima kasih sebelumnya

Sama seperti di atas, maunya model yang seperti apa ? banyak sekali jenis model molekull

  • Saya mau minta bantuan barang kali ada yang tahu/punya litelature tentang Polymer….. ….. Sangat butuh sekali untuk tugas mata kuliah

Bujubuneng… yang namanya polimer tuh ilmunya luas banget. Saya memerlukan 8 SKS untuk mempelajari tentang polimer. Lha ini kok mintanya hanya dengan dua baris. Karuan aja jadi ga jelas apa yang dimaksud. Actually, saya punya banyak artikel tentang polimer ini, tapi dengan behave orang ini jadi males ngasihnya… Lagian yang kuliah tuh sapa ?

  • Saya Mohon bantuan dari teman-teman. Saya sedang mencari makalah2 atau jurnal2 penelitian tentang Chitosan baik dari dalam negeri maupun luar negeri. Kalau ada mohon kirim ke e-mail saya : xxxx@yahoo.com

Orang ini jelas ga pernah hunting ke perpustakaan.

  • Saya ingin mengetahui :
  1. teori Biogas
  2. reaksi kimia dalam pembusukan bahan organik,
  3. reaksi kimia dalam pembusukan oleh bakteri methane (terutama pembusukan kotoran)
  4. Kalo ada bahan bakar alternatif lain yang belum ter-undercover, saya juga ingin lho masukannya.
  5. Menurut Anda apakah bisa bahan bakar Biogas di’akali’ supaya bisa jadi bahan bakar untuk mesin mobil, kendaraan lainnya dan bagaimana agar pembakarannya bisa sempurna sehingga tidak menghasilkan gas CO yang berlebihan? Juga model mesinnya dong sekalian… hehehe…
  6. Kalo yang ada pakar mesin di milis ini, kira-kira bagaimana mengkompresi gas CH4 itu agar bisa menggunakan tempat yang mudah ditaruh dalam kendaraan, juga agar waktu pembakaran gas tidak gampang meledak?

Hehehehehe… 😀
Para ahli perlu penelitian bertahun-tahun dan biaya jutaan dolar untuk mempelajari ini, lha ini kok sa’énak udèlé déwé minta hasil penelitian dan desain/engineering-nya.
Bener-bener ‘ga sopan’….

  • Tolong dong kalo ada yang punya jurnal2, penjelasan ato apapun ttg penentuan indeks setana,titik tuang,titik didih pertengahan, viskositas kinematik, dan residu karbon conradson, aku mau yah… terima kasih banyak…

Suer, kalo dia googling pasti dapet ratusan bahkan ribuan artikel yang diminta. Kok males banget sih ?

  • saya sekarang sedang melakukan penlitian tesis kira2 judulnya : bla..bla…bla…      kira2 sudah ada tidak yang penelitian mengenai poliolefin terdegradasi, kalo ada mohon tesis nya ya

Lha ini yang paling parah. Udah mo nyontek tesis orang lain eh pake ga mau usaha segala…
Padahal buat tesis / master dia, boo….
Enak banget ya ngambil S2 kaya gini, bener-bener ga modal…

  • Mohon info selengkapnya tentang bahan bakar ya !! mulai dari komposisi dari bahan bakar secara umum, dan lain2 beserta referensi penting lainnya.

Ini juga nyeleneh banget, minta info selengkapnya tentang bahan bakar. Saya yang udah menelan 64 SKS tentang bahan bakar saja rasanya informasi yang saya dapat masih jauh ‘selengkapnya’… Lha ini kok minta cuma pake dua baris saja…

Saya coba menjawab sekalian ‘menegur’ ybs agar menggunakan kalimat yang lebih jelas maunya apa supaya saya juga bisa lebih fokus menjawabnya. Eh jawaban dia gini :

  • dear EG Giwangkara S, maaf sebelumnya telah membuat sdr bingung dengan permintaan saya mengenai informasi ttg bahan bakar. Sebenarnya saya juga bingung sebelum mengirim ke milis ini karena tugas yang saya peroleh dari dosen saya pd matakuliah Sistem utilitas tidak begitu spesifik. Namun saya sangat berterima kasih karena anda bersedia memberikan informasi yang saya butuhkan.

Lhoo…. piyé tho… ?
Seorang mahasiswa, belum ngerti perintahnya apa kok udah langsung balik kanan dan pergi..,
padahal habbit seperti ini seharusnya sudah hilang di SMP, paling tidak di SMA deh. Lha ini, udah mahasiswa kok masih punya kelakuan seperti ini… mungkin maskudnya pengen kasih kesan ‘mahasiswa yang cepat tanggap’, tapi malah jadinya kaya anak SD aja….

Saya perhatikan mereka salah kaprah tentang internet. Memang internet adalah gudangnya informasi dan merupakan alat yang efektif untuk mencari informasi, tapi bukan berarti tidak dengan usaha dan melimpahkan tanggungjawabnya ke orang lain. Coba bayangin aja, dia yang kuliah n mau bikin penelitian tapi kok meminta-minta informasi n ga mau fight. Mbokya usaha dong, toh resource n tool-nya banyak, baik yang gratis maupun yang berbayar.

Aah… mungkin dunia akan terasa indah kalau bisa kuliah seperti itu. Dapet tugas dari dosen tinggal diposting ke milis untuk minta tolong dicarikan ke orang lain lalu ditinggal tidur. Tinggal besok paginya check-mail lagi kalau-kalau hasilnya sudah masuk ke inbox.
Mau jadi seperti apa mereka nantinya ? Sarjana dengan Big-O ?

Lagian apa mereka ga mikir kalau orang yang berusaha untuk bantu tuh pake pulsa juga untuk dial-up atau curi-curi waktu dikantor untuk mencarikan informasi atau ngetik ulang dari hardcopy yang dipunyai ?

Aaah… what a wonderfull world.

                                                                                                                                                                         

Tip n Trik Googling

Sebelum mulai saya copas dulu beberapa definisi istilah dari wiki. Karena akan ada beberapa pengulangan yang menggunakan kata istilah yang mungkin buat sebagian orang masih belum familiar.

Domain :

Nama domain (domain name) adalah nama unik yang diberikan untuk mengidentifikasi nama server komputer seperti web server atau email server di jaringan komputer ataupun internet. Nama domain berfungsi untuk mempermudah pengguna di internet pada saat melakukan akses ke server, selain juga dipakai untuk mengingat nama server yang dikunjungi tanpa harus mengenal deretan angka yang rumit yang dikenal sebagai alamat IP. Nama domain ini juga dikenal sebagai sebuah kesatuan dari sebuah situs web seperti contohnya “wikipedia.org”. Nama domain kadang-kadang disebut pula dengan istilah URL, atau alamat website.
URL :
URL singkatan dari Uniform Resource Locator (diterjemahkan: Pelokasi Sumber Daya Seragam), adalah rangkaian karakter menurut suatu format standar tertentu, yang digunakan untuk menunjukkan alamat suatu sumber seperti dokumen dan gambar di Internet. URL merupakan suatu inovasi dasar bagi perkembangan sejarah Internet. URL pertama kali diciptakan oleh Tim Berners-Lee pada tahun 1991 agar penulis-penulis dokumen-dokumen dapat merujuk pranala ke Jejaring Jagat Jembar atau World Wide Web. Sejak 1994, konsep URL telah dikembangkan menjadi istilah Uniform Resource Identifier (URI) yang lebih umum sifatnya. Walaupun demikian, istilah URL masih tetap digunakan secara luas.

Entitas / Entiti :

Adalah sebuah datum dalam sekumpulan data / database.

GUI (Graphical User Interface) :

adalah metoda interaksi secara grafis antara pengguna dan komputer. GUI menjadi salah satu faktor kemudahan dalam penggunaan komputer.

Syntax

adalah aturan-aturan peng-code-an struktur suatu bahasa pemograman,ibarat grammar dalam berbahasa Inggris. Setiap jenis bahasa pemograman mempunyaiaturan syntax yang berbeda.


                                                                                                                                                                         

Jadi yang namanya mesin pencari di internet menurut saya mah adalah otak kita sendiri, sedangkan mesin pencari, terutama google hanya alat saja untuk melakukan pencarian. Saya sebut demikian karena jika kita salah melakukan pencarian na, maka hasilnya ga akan maksumum meski menggunakan mesin pencari tercanggih sekalipun. Contoh ekstrimnya, jika kita tidak melakukan input apapun kedalam google, maka google ga akan memberikan informasi yang kita inginkan. Karena kunci utama dari googling adalah kemampuan / logika kita dalam pemilihan kata kunci. Hanya mungin belum banyak yang tau cara menggunakannya.

Contoh:  kita ingin mencari artikel tentang CO2 removal pada gas alam

Yang bisa kita lakukan pertama kali (dan pada umumnya seperti ini) adalah dengan mengetik kalimat CO2 removal dari gas alam di google standar. Cara ini sah-sah saja, tapi hasil na jadi kurang tajam, karena google akan melakukan pencarian dengan 5 kata sebagai entitinya. Jadi google akan menyajikan link ke halaman2 yang berisi kata CO2, dan/atau kata removal, dan/atau kata dari, dan/atau kata gas  dan/atau pada kata alam. Dengan jumlah kata sebanyak itu maka hasilnya akan terlalu luas yang belum tentu hasilnya mendekati atau sesuai dengan yang kita inginkan.

Logika lainnya adalah dengan pemilihan bahasa.
Kita juga harus berassumsi bahwa kemungkinan pencarian informasi menggunakan bahasa lain, misal bahasa inggris. Asusmmssinya berdasarkan kepada kemungkinan ketersediaan informasi, karena internet adalah rimba indormasi yang pada umumnya menggunakan bahasa inggris, maka kita pun harus melakukan pencarian dengan bahasa inggris dengan kemungkinan ketersediaan informasi. Misal, jika kita melakukan pencarian CO2 removal dari gas alam menggunakan bahasa indonesia, maka hasil yang didapat sebanyak 4.490 artikel. sementara jika menggunakan bahasa inggris CO2 removal from natural gas maka akan menghasilkan 5.470.000 artikel, dan itu menjadi lebih luas lagi.

Untuk menajamkan pencariannya kita bisa melakukan perubahan jumlah entiti, dari 5 entiti menjadi 1 entiti dengan dua cara, yaitu :

  1. kalimat na diapit oleh double-quote : “CO2 removal from natural gas”
  2. penambahan tanda “plus ( + )” diantara kata : CO2+removal+from+natural+gas

Dengan kedua cara tersebut maka kalimat itu akan dikenal sebaga satu entiti oleh databasenya google, dan google akan dipaksa mencari entiti yang mengandung kalimat yang persis. dengan kedua cara diatas maka hasil pencarian tersebut akan lebih tajam, misal jika mengguanakan bahasa inggris maka informasi yang berisi kalimat persis diatas menghasilkan 11.800 artikel.

Meski dengan cara diatas dah bisa mendapatkan informasi yang lebih mengkerucut, tapi kita masih bisa menajamkan lagi hasil pencaarian dengan mencantumkan url nya. Misal salah satu vendor CO2 removal yang terkenal adalah UOP dengan domain uop.com; maka sytax pencariannya adalah sebagai berikut :

CO2 removal from natural gas inurl:uop.com
 
dengan syntax tersebut google kira2 akan menterjamahkan menjadi kalimat sbb : carilah artikel yang mengandung kata CO2, dan/atau kata removal, dan/atau kata from, dan/atau kata natural  dan/atau pada kata gas di url ( inurl ) uop.com. Dengan cara ini akan diperoleh 10 artikel yang berisi entiti diatas.

Sedangkan jika kita pertajam lagi dengan menjadikan kalimat pencarian sebagai satu entiti dimana syntax nya sbb :

“CO2 removal from natural gas” inurl:uop.com

dengan syntax tersebut google kira2 akan menterjamahkan menjadi kalimat sbb : carilah artikel yang mengandung kalimat persis : CO2 removal from natural gas di url ( inurl ) uop.com. Dengan cara ini akan diperoleh 1 artikel yang berisi entiti diatas.

Sampai disini sebetulnya hasil pencarian na dah cukup tajam, tapi kita masih bisa lebih menajamkan dengan memilih ekstensi file yang dicari. Sejauh ini google baru menyediakan ekstensi file sebagai berikut :

  • Adobe Acrobat PDF ( .pdf)
  • Adobe Flash ( .swf)
  • Adobe Postcript ( .ps)
  • Autodesk DWF ( .dwf)
  • Google Earth KML ( .kml)
  • Google Earth KMZ ( .kmz)
  • Microsoft Excel ( .xls)
  • Microsoft PowerPoint ( .ppt)
  • Microsoft Word ( .doc)
  • Rich Text Format ( .rtf)

Sayang sekali advanced google search belum menndukung pencarian dengan ekstensi .jpg dan .3gp😀

Karena

11 Tanggapan to “Tip n Trik Advanced Googling”

  1. yayi said

    seems very simple, but it’s important anyway….

  2. test

  3. I pay a quick visit every day a few blogs and blogs to read posts, except
    this webpage gives feature based articles.

  4. It’s perfect time to make some plans for the longer term and it is time to be happy. I’ve learn
    this post and if I may just I want to suggest you few fascinating
    issues or suggestions. Perhaps you could write next articles regarding this article.
    I wish to read more issues about it!

  5. What’s up friends, how is the whole thing, and what you want to say regarding this paragraph, in my view its genuinely remarkable in favor of me.

  6. You ought to take part in a contest for one of the finest sites online.
    I’m going to highly recommend this web site! mobile computing – rippln – rippln reviews – rippln mobile – eat mobile – mobile shredding truck

  7. This is a topic that is close to my heart… Cheers!
    Where are your contact details though?

  8. WOW just what I was looking for. Came here by searching for tarots et oracles gratuits

  9. I’m not that much of a online reader to be honest but your sites really nice, keep it
    up! I’ll go ahead and bookmark your site to come back later on. Cheers

  10. Hmm it looks like your site ate my first comment (it was extremely
    long) so I guess I’ll just sum it up what I had written and say, I’m thoroughly
    enjoying your blog. I as well am an aspiring blog writer but I’m still new to everything. Do you have any tips and hints for inexperienced blog writers? I’d genuinely appreciate it.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: