NgélMu – aNgél sadurungé keteMu

Makan Udang dan Vitamin C akan mengakibatkan keracunan Arsen ?

Posted by EG Giwangkara S pada Kamis, 24 Maret 2011

Tadi abis konsul diet di RS kumpeni disini jadi keingetan soal email hoax yg pernah sempat beredar, yaitu soal makan udang trus minum vitamin c bikin keracunan arsen. Mungkin dah pernah baca ato denger hoax tersebut.

Sebelumnya mari kita liat dulu menggunakan elmu smakbologi tentang kimia dasar :

Protein (organik) + vit. C (organik) —/–> warangan (anorganik)

Jadi yg namanya udang tuh kaya akan protein. Dan yg namanya protein tuh non polar (ga larut dalam air). Supaya protein yg kita makan bisa terangkut ke sel2 tubuh kita harus dilarutkan dulu, dan Vit. C adalah pelarut yg baik utk bisa membawa protein menuju sel2 tubuh kita. Atas dasar asumsi itulah makanya saya kalo makan yg high protein suka ditutup dg vit. C (buah2an, terutama orange juice) untuk memaksimalkan serapan asupan nutrisi saya, karena vit. C ga diproduksi oleh tubuh kita.

Bahwa dalam email tsb disebutkan ada kasus keracunan warangan / arsen, sangat mungkin warangan tsb datangnya dari udang yg emang mengandung arsen. Mungkin karena habitat udangnya terkontaminasi arsen.

Tentang vit. C itu sendiri sering terjadi salah kaprah; bahwa vit. C bikin badan jadi seger. Sebenernya yg bikin seger adalah karena banyaknya nutrisi yg diangkut oleh vit. C ke seluruh tubuh. Vit. C nya sendiri ga bikin badan seger. Kalo ga percaaya coba deh pagi2 bangun tidur tanpa sarapan langsung minum vit. C; bukannya akan seger, yg ada malah tar mual karena kelebihan asam di lambung.

Untuk memantau serapan protein oleh tubuh kita sendiri kita bisa mantau dari urine kita. Jika urine kita kekuningan, berbuih n bau pesing artinya serapan protein oleh tubuh kita kurang maksimal. Karena banyak amina yg merupakan substansi protein yg terbuang bersama urine. Kalo kondisi urine na seperti itu disarankan minum vit. C sehingga protein bisa diserap maksimal oleh tubuh n ga mubadzir. Pengamatan urine diatas dengan asumsi kita tidak punya masalah dengan saluran urine kita, mulai dari ginjal sampai kandung kemih. Kalo abis makan protein n urine kita jernih, tidak berwarna, tidak berbuih n tidak pesing artinya serapan protein kita dah maksimal.

Demikian….

2 Tanggapan to “Makan Udang dan Vitamin C akan mengakibatkan keracunan Arsen ?”

  1. chairunnisa nur said

    setujuuu..
    soalnya laut negri kita sdh banyak terkontaminasi oleh limbah yg menyebabkan hewan laut jadi ikut2an terkontaminasi, yg pada akhirnya jika dikonsumsi g baik untuk kesehatan..
    mungkin aja berita dari hoax itu d`udangnya sdh ada racun arsennya??
    wallahualam..:D

  2. Reblogged this on Sarah Terarosa.

Tinggalkan komentar