NgélMu – aNgél sadurungé keteMu

Archive for Maret, 2011

Makan Udang dan Vitamin C akan mengakibatkan keracunan Arsen ?

Posted by EG Giwangkara S pada Kamis, 24 Maret 2011

Tadi abis konsul diet di RS kumpeni disini jadi keingetan soal email hoax yg pernah sempat beredar, yaitu soal makan udang trus minum vitamin c bikin keracunan arsen. Mungkin dah pernah baca ato denger hoax tersebut.

Sebelumnya mari kita liat dulu menggunakan elmu smakbologi tentang kimia dasar :

Protein (organik) + vit. C (organik) —/–> warangan (anorganik)

Jadi yg namanya udang tuh kaya akan protein. Dan yg namanya protein tuh non polar (ga larut dalam air). Supaya protein yg kita makan bisa terangkut ke sel2 tubuh kita harus dilarutkan dulu, dan Vit. C adalah pelarut yg baik utk bisa membawa protein menuju sel2 tubuh kita. Atas dasar asumsi itulah makanya saya kalo makan yg high protein suka ditutup dg vit. C (buah2an, terutama orange juice) untuk memaksimalkan serapan asupan nutrisi saya, karena vit. C ga diproduksi oleh tubuh kita.
Baca entri selengkapnya »

Iklan

Posted in Artikel Umum, Kimia Aplikasi | 2 Comments »

Akhirnya Saya Bisa Ngeblog Lagi

Posted by EG Giwangkara S pada Kamis, 24 Maret 2011

Alhamdulillah… Setelah lebih dari dua tahun ga bisa ngeblog disini gara-gara ga bisa login karena situs ini saya konek kan dengan personal domain menggunakan koneksi API Key, sementara personal domain saya sendiri crash gara-gara saya oprek dan mengakibatkan ga bisa login kemana-mana.

Setelah bolak-balik berkoresponden dengan support@wordpress.com yang mau dengan sabar mandu saya untuk recover situs NgelMu ini akhirna tadi bisa juga recover lagi. Sebetulnya saya bisa saja sih bikin akun baru, toh gratisan juga. Tapi saya sayang banget dengan artikel yang sudah ditulis disini. Belum lagi “brand image” dari persembahanku dan NgelMu yang sudah terlanjur melekat buat para pembaca.

Akhirnya selamat membaca lagi deh 🙂

:: Asa kararagok nulis euy karena dah kelamaan ga ngeblog… 😀

Posted in Uncategorized | 4 Comments »