NgélMu – aNgél sadurungé keteMu

Archive for Mei, 2007

Kegunaan Hidrokarbon Dalam Kehidupan Sehari-hari

Posted by EG Giwangkara S pada Rabu, 23 Mei 2007

Peta proses petrokimiaHalah… akhirnya saya nyerah juga…. 😀

Belakangan ini saya dapet banyak permintaan serupa baik yang ditulis di komentar beberapa artikel disini maupun yang langsung lewat email / japri, yaitu tentang Kegunaan Hidrokarbon di Bidang Sandang, Pangan, Papan, Seni dan Estetika.

Saya sedikit heran, kenapa kok bisa timbul banyak permintaan yang sama dalam waktu yang hampir bersamaan. Saya pikir mungkin karena di kurikulum SMU memang sudah waktunya untuk diberikan tugas tersebut ke siswa. Setelah saya googling mencari kurikulum / silabus mengguanakan kata kunci kegunaan hidrokarbon ternyata benar, saya dapet silabus lengkap disini. Saya pikir silabus ini akan saya perlukan untuk jadi acuan topik yang akan saya tulis nantinya di persembahanku ini (atau blogger lainnya yang mungkin aware dengan edukasi teruna/teruni), makanya kemudian silabus tersebut saya back-up disini.

Baca entri selengkapnya »

Iklan

Posted in Artikel Umum, Download, Kimia Aplikasi | 66 Comments »

Cara Menentukan Biaya Analisis Laboratorium

Posted by EG Giwangkara S pada Selasa, 1 Mei 2007

Atomic Absorbtion SpectrophotometerBagi para praktisi industri yang berhubungan dengan laboratorium mestinya sudah tahu bahwa setiap pemeriksaan laboratorium pasti akan kena biaya. Terlepas itu dibayar cash maupun non-cash tetap saja biaya itu selalu ada. Sementara untuk siswa atau mahasiswa mungkin boro-boro mikir gituan, lha wong ngapalin prosedur analisis waktu praktikum aja masih sering ketétéran….

Tapi ga apa-apa ding, saya juga dulu waktu masih sekolah di SMAKBO gitu kok…. Sampe waktu ujian praktek penetapan kadar protein cara Kjeldahl saya pernah bela-belain bikin kebétan dibalik jas lab saya…, malah saya pernah mergoki ada siswi di pojokan lab kimia industri lagi buka kebétan dibalik roknya… 😀
Hayo.. siapa… ngaku aja… 😀
Akhirnya kami disuruh keluar karena ketahuan dan disuruh mengulang (her) minggu depannya.  Lagian, tuh prosedurnya panjang banget… susah ngapalinnya… mana kudu siap setiap saat kalau mendadak ditanya mekanisme reaksi penetapan yang kita kerjakan…… halah….!  😦
Jadi kangen suasana sekolah euy…. hicks…

Oke… sekarang kita kembali ke…. laptop…. !!! 🙂

Baca entri selengkapnya »

Posted in Analisis Lab, Artikel Umum | 18 Comments »

Bahan Aditif : Usai Timbel, Besi Mengancam

Posted by EG Giwangkara S pada Selasa, 1 Mei 2007

Bahan Aditif
Usai Timbel, Besi Mengancam

Oleh YUNI IKAWATI

 Penduduk Indonesia mulai bisa bernapas lega ketika pemerintah pada 1 Juli 2006 lalu menghapus penggunaan timbel atau timah hitam—sebagai bahan aditif pada bensin—karena mengakibatkan gangguan kesehatan. Namun, dengan keluarnya rekomendasi pemerintah, baru-baru ini, untuk menggunakan Ferro atau besi, ancaman bagi kesehatan kembali muncul. Mengapa demikian?

Rekomendasi yang dikeluarkan Kementerian Negara Lingkungan Hidup kepada Pertamina pada 20 November 2006 untuk menggunakan octane booster berbasis “Ferro” setelah kebijakan penghapusan timbel memang ibarat keluar mulut harimau masuk mulut buaya.

Baca entri selengkapnya »

Posted in Artikel Umum, Kliping | 6 Comments »